3 Cara Agar Mempermudah Closing
Closing Harus Memiliki Strategi Yang Kuat Agar Targetmu Langsung Memberi Keputusan Cepat
Sering merasa kecewa saat tahu calon targetmu menolak tawaran bisnismu? Jangan sedih dulu. Karena apapun jenis bisnismu itu, pasti pernah ada penolakan. Namun, dibalik setiap penolakan, pasti ada penerimaan. Nah, berikut ini ada 3 cara untukmu dalam mempermudah closing. Apa saja itu? Yuk langsung simak saja ulasan berikut ini.
1. Dekati Targetmu Tanpa Menawarkan Bisnis Terlebih Dahulu
Kamu mungkin sering mengunjungi mall untuk belanja atau hanya sekedar refreshing saja. Dan kamu pun tentunya sering melihat, baik itu di dalam mauun di pintu mall, banyak sales – sales yang mengejarmu secara bertubi – tubi untuk menawarkan produk bisnis. Tak jarang kamu pun malas menanggapinya dan merasa ingin pergi dari situ sekarang juga. Nah, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa setiap calon target itu tak senang jika langsung ditawarkan produk. Ada baiknya kamu mencoba berkenalan dahulu, ngobrol sebentar, hingga akhirnya kamu bisa merebut perhatiannya. Setelah pada akhirnya ia menceritakan masalahnya padamu, kamu pun langsung take action dengan memberikan solusi melalui produk bisnismu. Alhasil, targetmu pun langsung closing.
2. Kenali Target-mu
Dalam hal ini, kamu wajib mengenal calon target-mu. Maksudnya disini adalah saat kamu menginginkan mereka untuk segera closing, maka kamu harus tahu kebutuhan apa yang mereka mau. Contohnya, jika kebetulan sekali targetmu senang berbisnis dan ingin mendapatkan uang banyak dalam waktu yang cepat, kamu pun bisa langsung segera mengajaknya untuk berbisnis denganmu. Misalnya, saat kamu ingin mengajak orang untuk bergabung di bisnis Multilevel Marketing, dan kebetulan targetmu senang berbisnis, maka jelaskan padanya benefit berupa uang yang nantinya akan diperoleh. Contoh kedua, pada saat kamu tahu targetmu sedang menderita sakit, maka kamu jangan langsung menawarkan benefit berupa uang, namun tunjukkanlah produkmu secara langsung (dalam hal ini obat), dan jelaskan padanya jika penyakitnya akan sembuh dengan produk tersebut. Alhasil, dia pun mau membeli jika kamu berhasil meyakinkannya untuk closing.
3. Jelaskan Targetmu Dengan Metode Scarcity
Poin ketiga ini sangat penting karena sangat ampuh untuk membuat calon targetmu cepat dalam membuat keputusan. Metode scarcity adalah metode yang wajib kamu gunakan saat menjelaskan keterbatasan dari segi jumlah orang yang membeli, jumlah stok produk tersisa, jumlah seat tersisa, jumlah produksi, waktu promo berlaku, dan lain – lain. Nah, jika calon targetmu tahu bahwa produkmu tersebut limited edition, tentunya ia akan take action secepat mungkin dan pada akhirnya closing alias jadi membeli produkmu.
Wah, ternyata mendekati calon target atau customers itu susah – suah gampang ya. Pasalnya, kita akan menemukan berbagai jenis sifat manusia saat di lapangan nanti. Namun, jangan khawatir karena jika kamu mengikuti ke 3 cara diatas, besar kemungkinan kamu cepat closing. Berani mencoba?
Baca juga: 7 Strategi Jitu untuk Mempercepat Closing