3 KPI Social Media untuk Ukur Keberhasilan Konten
Mungkin masih banyak orang yang mengira bahwa tugas besar seorang social media specialist adalah membuat konten menarik yang bisa meningkatkan engagement. Faktanya, itu hanyalah salah satu dari sekian banyak tugas social media specialist. Seseorang yang berprofesi di bidang ini memiliki tugas lain yang diukur dengan Key Performance Indicator alias KPI. Apa saja KPI Social Media yang harus mereka capai? Simak artikel ini sampai habis!
Engagement Rate
KPI Social Media yang pertama adalah (ER) Engagement Rate, yaitu interaksi followers di dalam sebuah konten. ER meliputi likes, saves, shares, comments, dan clicks. Untuk mengukur ER, social media specialist membutuhkan tools khusus untuk mengecek traffic akun social media. Dalam hal ini, tools yang paling sering di gunakan adalah Notjustanalytics dan fitur insight di platform social media.
Followers Growth
Selanjutnya, adalah followers growth atau pertumbuhan followers yang menjadi KPI Social Media. Tujuan dari dibuatnya KPI followers growth adalah untuk mengukur penambahan followers yang didapatkan perharinya. Dengan adanya KPI ini, social media specialist dapat menilai konten mana saja yang efektif menarik perhatian followers, dan konten mana yang memiliki performa kurang baik.
Conversion Rate
KPI Social Media yang terakhir adalah conversion rate, yaitu seberapa efektif CTA yang mereka buat untuk mengajak audiens melakukan suatu aksi, entah itu download, beli, atau follow. Cara mengukurnya adalah dengan membagi jumlah visitor dengan jumlah konversi yang didapatkan.
Ketiga poin tadi merupakan KPI Social Media yang harus dicapai oleh seorang Social Media Specialist untuk meraih target yang sudah ditentukan. Mencapai KPI bukanlah hal mudah; maka dari itu, perlu adanya riset yang mendalam, A/B testing, dan penguasaan tools social media.
Ingin jadi Social Media Specialist andal? Yuk belajar bareng mentor-mentor expert di Digital Marketing School! Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan DM Instagram kami atau klik link berikut.