fbpx

3 Tempat Belajar SEO Gratis untuk Pemula

Search Engine Optimization atau SEO merupakan skill yang banyak dicari saat ini. Nah karena itu, belajar SEO menjadi hal yang bermanfaat, apalagi kalau kamu ingin mengembangkan karier di bidang digital marketing.

Belajar SEO mungkin akan sedikit membingungkan kamu sebagai seorang pemula. Tetapi belajar SEO nggak akan ada matinya, karena SEO itu salah satu strategi pemasaran yang penting dan dunia digital marketing juga terus berkembang.

Sebagai pemula, kamu pasti bingung harus mulai belajar SEO dari mana. Maka dari itu, artikel ini lahir untuk memberikan kamu rekomendasi 3 tempat belajar SEO gratis untuk pemula. Simak artilelnya sampai akhir ya.

Backlinko Blog

Website yang didirikan oleh seorang ahli Search Engine Optimization bernama Brian Dean ini bisa kamu jadikan sebagai tempat belajar SEO. Brian fokus membagikan informasi seputar SEO dan Backlink pada website ini.

Website ini sudah menyediakan semuanya mulai dari SEO untuk pemula, tips-tips melakukan optimasi, sampai ahli SEO. Sebagai pemula, kamu bisa belajar dasar-dasar SEO untuk meningkatkan pemahaman kamu tentang SEO lewat Backlinko.

MOZ Blog

Website yang tepercaya dalam hal Search Engine Optimization lainnya adalah Moz. Salah satu tools gratis yang disediakan website ini dan banyak digunakan adalah MozBar. Di website ini kamu bisa tahu SEO metrics paling atas dari hasil pencarian di browser.

Blog Moz bisa kamu jadikan sebagai tempat belajar SEO karena memilki panduan pemula SEO hingga tips-tips SEO dari level dasar sampai tingkat lanjutan. Artikel-artikel pada blog Moz juga berkualitas juara karena ditulis oleh ahli-ahli SEO.

Ahrefs Blog

Website lain yang bisa kamu jadikan tempat belajar SEO adalah Ahrefs blog. Kamu bisa dapatkan banyak pengetahuan tentang SEO dan digital marketing di website ini. Ahrefs juga menyediakan panduan Search Engine Optimization dasar untuk kamu yang pemula sebagai bahan balajar.

Ketiga website di atas bisa kamu jadikan tempat untuk belajar Search Engine Optimization secara mandiri. Selain punya bahan yang lengkap, website ini juga gratis. Jadi selain dapat ilmu, kamu juga nggak perlu pusing-pusing mikirin biaya.

Kalau kamu ingin tahu lebih dalam seputar digital marketing, kamu bisa baca artikel lainnya di sini atau ikuti kelas Digital Marketing di Digital Marketing School.

Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa hubungi admin via DM Instagram atau klik link berikut untuk mendaftar lansung.