4 Cara Menentukan Unique Selling Point Untuk Menarik Konsumen
Kamu kalau beli sebuah produk, pasti pilih produk yang punya nilai berbeda dari produk lainnya kan? Nilai ini disebut Unique Selling Point (USP) atau keunikan yang membedakan sebuah brand dari pesaingnya.
Sebuah bisnis tanpa USP, akan membuat bisnis tersebut terlihat sama dengan produk lainnya. Hal ini akan membuat konsumen nggak mau membeli produknya, karena konsumen menginginkan sesuatu yang berbeda dan memiliki kelebihan dari produk lainnya.
Karena itu, yuk pelajari cara menentukan USP! Baca artikel ini sampai habis ya.
Mengetahui Keinginan Konsumen
Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menentukan unique selling point adalah mengetahui keinginan konsumen. Kamu harus memikirkan apa yang konsumen benar- benar inginkan dari produk kamu.
Untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen, kamu bisa gunakan metode survei. Selain itu juga kamu bisa mengajak konsumen kamu untuk menilai beberapa aspek penting dari bisnis kamu. Misalnya menilai produkmu, pelayanan, harga, kecepatan pemesanan, dan lainnya.
Kalau kamu sudah mendapatkan feedback yang cukup, kamu bisa lakukan evaluasi terhadap aspek-aspek tersebut. Apa yang menjadi keinginan konsumen, bisa kamu jadikan USP.
Mempelajari Perilaku dan Motivasi Konsumen Saat Membeli
Cara kedua adalah kamu harus mempelajari perilaku dan motivasi konsumen saat membeli produk. Hal ini berkaitan erat dengan buyer persona atau gambaran rinci tentang siapa yang membeli produkmu, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara mereka menerima informasi tentang sebuah produk.
Buyer persona akan membantu kamu mendapatkan banyak wawasan tentang konsumen. Wawasan tentang konsumen ini lah yang bisa membantu juga dalam menentukan unique selling point.
Memberikan Kepuasaan pada Konsumen
Cara ketiga adalah memberikan kepuasan kepada konsumen. Dalam sebuah bisnis, mempelajari psikologi konsumen merupakan hal yang penting. Dengan memahami psikologi mereka, kamu bisa mengerti seperti apa kepuasaan yang konsumen inginkan dari produk yang kamu jual. Hal ini bisa membantu produk kamu dalam menghasilkan unique selling point yang efektif.
Mengintip USP Kompetitor
Cara keempat adalah mengintip USP kompetitor. Mengintip di sini bukan berarti menyontek habis USP mereka ya! Karena jika kamu menyontek habis, produk kamu akan terlihat sama persis dengan kompetitor.
Mengintip USP kompetitor ini untuk tujuan yang berbeda. Antara lain untuk mencari tahu apa yang kurang dari kompetitor, sehingga kamu bisa gunakan kelemahan kompetitor untuk menentukan unique selling point terbaik.
Unique Selling Point (USP) merupakan faktor vital dalam sebuah bisnis. Dengan menentukan USP yang tepat, bisnis kamu akan lebih dilirik oleh calon konsumen.
Buat kamu yang tertarik dengan dunia Digital Marketing dan ingin belajar lebih jauh tentang Digital Marketing kamu bisa ikutan kelasnya di Digital Marketing School! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau hubungi admin via social media kami ya.