4 Cara Mengevaluasi Bisnis Anda Sebelum Temukan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

Semua bisnis baik besar ataupun kecil membutuhkan keunggulan kompetitif untuk membedakan diri dari kompetitor. Dalam dunia bisnis yang agresif, khususnya dengan situasi ekonomi dewasa ini, semua keunggulan yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk menempatkan bisnis Anda di puncak industri. Sebelum mendapatkan keunggulan kompetitif bisnis, Anda perlu mengevaluasi bisnis Anda terlebih dahulu, berikut 4 caranya:

Baca juga: 3 Langkah Tentukan Target Market Ideal dalam Bisnis Anda

1. Ketahui apa artinya “keunggulan kompetitif

Keunggulan kompetitif adalah faktor yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain, serta membuat pelanggan lebih memilih produk Anda daripada kompetitor. Tanpa keunggulan kompetitif, bisnis Anda tidak memiliki metode unik untuk menarik pelanggan.

  • Keunggulan kompetitif adalah cara Anda menciptakan nilai yang tidak dapat dilakukan kompetitor untuk pelanggan. Nilai tersebut bisa mengubah biaya yang lebih rendah, layanan cepat, pelayanan pelanggan yang lebih baik, lokasi, kualitas, dan banyak faktor lain.
  • Ada beberapa hal yang terlibat dalam penciptaan keunggulan kompetitif, yaitu menganalisis kekuatan bisnis Anda dan kekuatan kompetitor, serta mempelajari cara memanfaatkan faktor kekuatan tersebut.

Pelajari teknik jitu dalam menganalisa keunggulan bisnis Anda dibandingkan kompetitif lain.

2. Nilailah kekuatan unik bisnis Anda

Menilai kekuatan bisnis memungkinkan Anda mengetahui area mana yang dapat dikembangkan untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Tanyakan pada diri Anda, “Mengapa pelanggan membeli dari perusahaanku?” jawaban pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui nilai apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

  • Misalnya, jika Anda memiliki restoran makanan Cina, semua faktor seperti kualitas makanan, lokasi, atau mungkin kecepatan layanan pesan antar berkontribusi pada keputusan pelanggan memilih Anda daripada kompetitor.
  • Jangan takut bertanya secara langsung kepada pelanggan. Anda dapat menyusun survei untuk mereka isi atau menghampiri mereka secara langsung, dengan tujuan untuk menemukan alasan mereka memilih Anda.
  • Misalnya, jika banyak pelanggan yang menyebutkan lokasi, Anda dapat mengupayakan aspek lain untuk menciptakan keunggulan yang lebih besar.

Baca juga: 4 Cara Mengevaluasi Bisnis Anda Sebelum Temukan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

3. Lihatlah kompetitor Anda

Keunggulan kompetitif berarti Anda harus menawarkan beberapa hal yang tidak dapat ditawarkan kompetitor. Oleh karena itu, Anda harus tahu apa yang dapat dilakukan kompetitor dengan baik, dan apa yang tidak. Pikirkan tentang produk, layanan, harga, lokasi dan pemasaran kompetitor. Kemudian, buat daftar alasan yang menurut Anda akan membuat pelanggan memilih bisnis kompetitor.

  • Bandingkan daftar tersebut dengan daftar keunggulan Anda. Apa kekuatan Anda yang tidak dimiliki kompetitor? Apa kekuatan kompetitor yang tidak Anda miliki? Bidang kekuatan yang Anda miliki adalah bidang yang harus Anda fokuskan pengembangannya.
  • Ingatlah untuk sebisa mungkin tidak menyamai kompetitor. Contohnya, jika kompetitor Anda memiliki satu resep yang banyak disukai pelanggan, meniru resep mereka tidak akan menambah keunggulan kompetitif Anda. Daripada mencoba meniru keunggulan kompetitor, tingkatkan keunggulan Anda untuk menciptakan kekuatan unik yang tidak dapat ditiru.

Baca juga: 4 Langkah Menciptakan Keunggulan Kompetitif Agar Bisnis Anda Lebih Unik Di Mata Konsumen

4. Manfaatkan jasa perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam menyediakan informasi bisnis

Kita ambil contoh dari perusahaan yang banyak digunakan di luar negeri, yaitu Cortera, yang melakukan riset, menyusun, dan menganalisis persaingan dalam target pasar. Perusahaan semacam itu memiliki basis data ekstensif sehingga mereka dapat mengakses informasi yang Anda butuhkan dengan cepat. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin mudah bagi Anda untuk memutuskan apa yang akan berhasil dan apa yang tidak.

  • Pengetahuan mendetail tentang pelanggan sama pentingnya dengan pengetahuan akan kompetitor. Memiliki wawasan mendalam tentang pelanggan memungkinkan Anda memaksimalkan potensi pendapatan, meningkatkan retensi pelanggan, dan menambah calon pelanggan.
  • Anda dapat menggunakan kombinasi berbagai perangkat dan metode untuk mengukur keinginan pelanggan dan posisi Anda di pasar serta posisi kompetitor. Bersamaan dengan sumber informasi perusahaan tradisional, pertimbangkan perangkat analisis media sosial yang memungkinkan penggalian keinginan pelanggan pada skala besar.

Baca juga: 5 Strategi Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

Post a Comment