
4 Contoh Platform Digital Marketing untuk Tingkatkan Leads
Saat ini, banyak perusahaan dan pengusaha yang mulai mengiklankan produknya secara digital. Salah satu alasan mereka bertransformasi digital adalah karena tingginya angka pengguna Internet di Indonesia yang udah mencapai 210 juta per tahun 2022. Tapi, nggak mungkin kalau digital marketer beriklan secara manual seperti cara tradisional, kan? Maka dari itu, mereka perlu menguasai beberapa platform khusus untuk melancarkan kegiatan promosi. Apa sajakan contoh platform digital marketing yang sering digunakan? Baca artikel ini sampai habis!
Google Ads
Platform yang satu ini biasa digunakan untuk digital marketer untuk mengiklankan produk di mesin pencari. Nantinya, produk yang mereka iklankan akan muncul di urutan paling pertama dan berpeluang dilihat oleh lebih banyak orang. Lewat platform ini, digital marketer dapat mengatur target audiens, demografi, keyword, dan jadwal penayangan iklan. Dengan begitu, iklan dapat tersebar ke target yang tepat sesuai budget yang telah diatur.
Ahrefs
Website nggak akan muncul di halaman pertama Google tanpa riset kata kunci. Untuk itu, Digital Marketer perlu tools yang dapat membantu mereka mencari kata kunci untuk mengoptimalkan website. Salah satu contoh platform digital marketing yang biasa digunakan untuk meriset kata kunci adalah Ahrefs. Platform ini akan memunculkan kata kunci lengkap dengan keyword density (kepadatan kata kunci) dan volume pencarian. Jadi, Digital Marketer dapat menentukan kata kunci yang tepat untuk disebarkan di website.
Mailchimp
Contoh platform digital marketing selanjutnya adalah Mailchimp. Karena email marketing menjadi salah satu jobdesk digital marketer, mereka perlu menggunakan platform ini untuk mempermudah penyebaran email ke calon leads. Digital Marketer akan mengirimkan email berisi penawaran yang akan diblast ke alamat email target. Namun, jangan terlalu sering mengirim email ya, karena bisa dianggap spam.
Facebook Ads
Platform yang satu ini pasti udah nggak asing didengar. Facebook Ads menjadi contoh platform digital marketing yang biasa digunakan untuk mengiklankan produk di Instagram dan Facebook. Mengingat sekarang Instagram dan Facebook sangat populer di berbagai kalangan, maka Facebook Ads dinilai efektif dimanfaatkan sebagai tempat promosi. Mirip Google Ads, digital marketer juga bisa menargetkan campaignnya sesuai usia, domisili, dan jenis kelamin yang diinginkan.
Nah, itu dia empat contoh platform digital marketing yang biasa digital marketer pakai untuk menjalankan kegiatannya. Kalau kamu berminat kerja di bagian digital marketing, pastikan kamu sudah menguasai semua platform tersebut ya!
Masih bingung gimana caranya mengoperasikan semua platform tadi? Kamu bisa belajar bersama mentor expert kami di program sertifikasi Digital Marketing! Nantinya, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari BNSP yang bisa dipakai untuk melamar kerja. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi admin via DM Instagram atau klik link berikut untuk mendaftar langsung.