4 Jenis Konten Digital Marketing yang Menarik untuk Promosi
Kamu pasti sering banget liat orang-orang yang promosi di social media dan mengemasnya ke dalam konten yang menarik. Nah, itu adalah salah satu strategi mereka dalam memasarkan produk secara online alias Digital Marketing. Ada berbagai jenis konten digital marketing yang bisa kamu terapkan untuk mempromosikan produk, seperti hard-selling, soft-selling, edukasi, dan trivia. Apa aja sih perbedaan keempat jenis konten digital marketing tersebut? Pelajari satu-satu yuk!
Hard-Selling
Hard-selling merupakan jenis konten digital marketing untuk mempromosikan produk secara langsung. Tujuan dari hard-selling adalah untuk mendorong calon pembeli agar segera melakukan transaksi. Biasanya, copywriter akan menyelipkan kata-kata urgency dan scarcity agar konsumen langsung membeli produk mereka. Jenis konten ini bisa diterapkan pada konten social media atau ads.
Soft-Selling
Jenis konten digital marketing yang satu ini ibaratnya ‘jualan secara halus’. Dengan begitu, calon pembeli akan penasaran dan mencari tahu tentang produknya terlebih dahulu. Setelah tertarik, mereka baru akan melakukan pembelian. Oleh karenanya, konten soft-selling harus dibuat dengan bahasa yang friendly dan memicu rasa penasaran.
Edukasi
Jenis konten yang satu ini bersifat mengedukasi atau memberikan informasi baru ke calon pembeli. Konten ini biasanya berisi product knowledge tentang produk atau jasa yang ingin ditawarkan, dan pengetahuan umum yang masih berkaitan dengan produk atau jasa. Konten edukasi berguna untuk menyebarkan awareness dan menaikkan engagement social media.
Trivia
Jenis konten digital marketing yang terakhir adalah trivia. Jenis konten ini bersifat menghibur dan ringan supaya calon pembeli tertarik dan selalu update dengan konten yang akan disajikan. Konten trivia biasanya berisi meme, video singkat, atau infografis.
Nah, itu dia empat jenis konten Digital Marketing yang menarik untuk mempromosikan produk. Kamu bisa terapkan semua jenis konten ini di berbagai channel media sosial agar produk bisa dijangkau oleh audiens yang lebih luas.
Bagi kamu yang tertarik untuk mendalami dunia digital marketing, bisa banget gabung kelasnya di program sertifikasi Digital Marketing School! Nantinya, kamu akan dibimbing oleh mentor berpengalaman dan mendapatkan sertifikat resmi dari BNSP. Untuk informasi lebih lanjut, silakan DM Instagram kami atau klik di sini.