kesalahan influencer marketing

4 Kesalahan Influencer Marketing yang Bikin Endorsementmu Nggak Working

Influencer marketing menjadi trend pemasaran yang semakin diminati oleh banyak brand. Tak bisa dipungkiri, endorsement dari selebriti atau influencer bisa memberikan dampak positif terhadap penjualan produk. Namun, di balik itu semua, masih banyak kesalahan dalam menjalankan influencer marketing yang kerap dilakukan oleh para marketer. Apa saja sih kesalahan tersebut? Yuk simak!

Sembarang Pilih Influencer Tanpa Riset

Salah satu kesalahan influencer marketing yang sering dilakukan adalah memilih influencer tanpa melakukan riset terlebih dahulu, misalnya terlalu fokus pada jumlah followers saja, sehingga brand kerap melupakan engagement rate yang juga harus diperhatikan. Tak hanya itu, riset juga harus dilakukan terkait niche atau topik yang dibahas oleh influencer, apakah sesuai dengan brand atau tidak.

Hubungan dengan Influencer Kurang Baik

Kesalahan lainnya adalah kurangnya hubungan yang baik antara brand dengan influencer. Banyak brand yang hanya melihat influencer sebagai alat promosi semata, sehingga membuat hubungan yang terjalin menjadi kurang personal. Padahal, hubungan yang baik dengan influencer bisa membuat endorsement yang dilakukan menjadi lebih authentic dan convincing.

Brief Kurang Jelas

Brief yang kurang jelas juga menjadi salah satu kesalahan dalam influencer marketing. Brand harus memberikan brief yang detail dan jelas mengenai pesan apa yang ingin disampaikan, dan apa yang diharapkan dari endorsement yang dilakukan. Tanpa brief yang jelas, influencer bisa saja kurang mengerti apa yang harus dilakukan, atau bahkan membuat konten yang kurang relevan dengan brand.

Meremehkan Kreativitas Influencer

Kesalahan influencer marketing terakhir adalah meremehkan kreativitas influencer. Banyak brand yang terlalu memaksakan ide dan kreativitas yang ingin disampaikan, sehingga membuat influencer merasa terkekang dan tak bebas berkreasi. Padahal, influencer tau betul tentang audiensnya; mereka bisa menciptakan konten yang lebih menarik dan sesuai dengan gaya khasnya.

Nah, itu dia 4 kesalahan influencer marketing yang kerap dilakukan oleh para marketer. Jangan sampai kesalahan tersebut membuat endorsementmu nggak working ya!

Kalau mau belajar lebih lanjut tentang Influencer marketing, kamu bisa ikutan kelas sosial media di Digital Marketing School lho! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, klik di sini atau hubungi admin kami via link di bio IG.