4 Manfaat Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis
Apakah kamu pernah melihat postingan dari suatu brand di media sosial yang menarik perhatianmu? Ini merupakan salah satu strategi mereka dalam mengembangkan bisnis, yaitu content marketing. Sederhananya, content marketing adalah proses promosi bisnis dengan cara membuat perencanaan dan menyebarkan konten untuk menaikkan penjualan. Manfaat dari content marketing bukan sekadar menarik perhatian target market, tapi lebih dari itu. Yuk simak penjelasan di bawah untuk cari tahu manfaat content marketing!
-
Meningkatkan Brand Awareness
Manfaat content marketing untuk bisnis yang pertama adalah meningkatkan brand awareness. Bisnis yang baru dibangun tentunya belum banyak dikenal oleh target market. Maka dari itu, hal yang perlu pebisnis lakukan dalam meningkatkan brand awareness adalah membuat berbagai jenis konten yang disukai oleh calon pelanggannya. Dengan konten, brand dapat menunjukkan identitasnya agar mampu menjadi top of mind di kalangan pelanggan.
-
Meningkatkan Konversi
Selain lebih dikenal pelanggan, content marketing juga dapat meningkatkan konversi bisnis. Brand yang konsisten memposting konten berkualitas akan lebih dipercaya oleh calon pembeli. Jika calon pembeli sudah percaya, maka mereka akan mencari tahu lebih dalam tentang produk yang ditawarkan dan berminat untuk membelinya.
-
Membangun Loyalitas Pelanggan
Tak bisa dipungkiri bahwa dengan content marketing, brand dapat membangun ikatan dengan calon pelanggannya. Konten yang edukatif dan informatif dapat mengundang interaksi antara pebisnis dengan konsumen. Semakin erat hubungan antara keduanya, konsumen pun akan tertarik menggunakan produk lebih dari sekali.
-
Mengendalikan Biaya Pemasaran
Promosi menggunakan media cetak tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal. Bahkan jika pebisnis tak bisa mengendalikan biayanya dengan baik, cara ini berisiko menimbulkan kerugian. Untuk menghemat biaya pemasaran, content marketing menjadi solusi yang paling tepat. Pebisnis dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Selain gratis, media sosial juga lebih efektif dalam menyasar target market.
Keempat cara tadi merupakan strategi content marketing untuk bisnis yang layak kamu coba, terutama jika kamu baru pertama kali merintis bisnis. Dengan memanfaatkan media digital yang gratis dan praktis, kamu dapat membuat berbagai jenis konten dan menekan biaya pemasaran.
Tertarik mendalami pemasaran digital? Kamu dapat belajar langsung dengan para expert di kelas Digital Marketing! Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan hubungi kami via DM Instagram atau klik di sini.