4 Hal yang Perlu Dipahami Dalam Membuat Email Marketing

Tidak bisa dipungkiri banyak sekali macam-macam komunikasi digital yang bisa digunakan para pebisnis salah satunya adalah Email yang mana merupakan sarana komunikasi digital tertua dibandingkan aplikasi pesan singkat saat ini. Banyaknya tren pemasaran di era sekarang membuat Email tidak hanya sebagai sarana komunikasi atau pengirim surat ke sesama teman melainkan bisa juga digunakan untuk memasarkan produk/jasa yang Anda punya. Berikut 4 Hal yang Perlu Dipahami Dalam Membuat Email Marketing untuk menghasilkan penjualan.

Tips #1 Kenali Target Penerima Email Marketing

Dengan mengenali target penerima email marketing dari Anda dengan baik dan benar, email marketing tersebut menjadi efektif dan Anda dapat memberikan solusi yang tepat dari setiap masalah yang mereka hadapi. Untuk mengenali target penerima email, Anda bisa lakukan survey sederhana dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang di list dalam bentuk google form. Dari jawaban mereka, Anda dapat menyimpulkan keberatan apa yang mereka rasakan sehingga menunda membeli produk Anda.

Tips #2 Perhatikan Body Text Email Marketing

Ciptakan konten yang berkualitas agar mendapatkan engagement yang bagus. Konten email marketing tidak harus selalu tentang berjualan, selipkan beberapa konten awareness untuk audiens agar email Anda tidak masuk kedalam folder ‘spam’. Tambahkan juga foto pada isi email agar menarik secara visual.

Tips #3 Buat Subjek yang Menarik

Nyatanya, subjek email marketing yang menarik menjadi salah satu pemicu audiens membuka email yang Anda kirimkan. Maka Anda harus betul-betul memperhatikan bagian yang satu ini.  Menulis subjek email yang menarik akan menjadi mudah jika Anda paham dengan ide-ide yang ada. Berikut contoh-contohnya

  1. Subjek tentang Pertanyaan (contoh: Mau Bisnis Tapi Bingung Mulai dari Mana?)
  2. Subjek tentang Tutorial (contoh: Start Improving Your SEO Now With These 4 Tips)
  3. Subjek tentang Pengumuman (Keluarga Asus Zenfone 5 RESMI Lahir: RAM 8 GB, ROM 256 GB, 4000 mAh)

Tips #4 Lakukan Evaluasi

Tips terakhir yang perlu Anda perhatikan yaitu lakukan evaluasi dari email marketing yang sudah Anda kirimkan kepada audiens. 

Terdapat 4 yang dapat Anda evaluasi yaitu

Open Rate: persentase audiens yang membuka email.

Bounce Rate: persentase email yang gagal masuk ke kotak masuk email audiens. Biasanya disebabkan oleh server error atau email sudah tidak lagi aktif.

Click Through Rate: persentase audiens yang mengklik link yang tersedia di dalam email

Unsubscribe Rate: persentase audiens yang unsubscribe atau membatalkan langganannya.

 

Demikian 4 Hal yang Perlu Dipahami Dalam Membuat Email Marketing untuk menghasilkan penjualan

Dengan berkembangnya era digital saat ini tentunya Anda sebagai Entrepreneur harus mengikuti alur bisnis digital yang ada. Ada banyak hal yang wajib Anda pelajari ketika berbisnis di era digital saat ini. Ikuti Online Course Digital Marketing School dengan mengunjungi www.digitalmarketingschool.id atau klik WhatsApp DISINI

E-mail : info@tuw.co.id

 

Post a Comment