tools ai copywriting

4 Tools AI Copywriting untuk Ringankan Pekerjaan Copywriter

Belakangan ini, teknologi AI mulai digandrungi oleh pengguna Internet berkat kecanggihannya. Ragam jenis tools AI yang tersedia sangat memudahkan pekerja digital dalam menjalankan tugasnya, tak terkecuali copywriter. Pekerjaan seorang copywriter tidaklah mudah; mereka perlu mencari ide untuk membuat naskah, mengecek tata bahasa, dan lainnya. Untungnya, sekarang terdapat empat tools AI copywriting yang dapat membantu meringankan pekerjaan mereka. Apa saja toolsnya? Ini dia!

ChatGPT

Tools AI copywriting yang pertama adalah ChatGPT. Tools ini sebenarnya bisa kamu pakai untuk memerintah apa saja. Namun, untuk copywriter, tools ini dapat dimanfaatkan untuk mencari ide headline, keywords, dan caption. Kamu cukup menuliskan hal yang diinginkan pada kolom chat, misalnya “Give me 10 examples of social media headlines. Setelah kamu tekan enter, ChatGPT akan langsung memberikan 10 contoh headline yang bisa kamu parafrase sesuai dengan topik yang ingin dibahas.

Copy.ai

Selain ChatGPT, ada juga Copy.ai yang akan membantumu mencarikan referensi headline, caption, dan deskripsi lainnya di berbagai media. Media yang tersedia adalah social media, landing page, blog post, dan email. Kamu bisa pilih jenis konten apa yang ingin ditulis, poin yang mau diangkat, dan tone bahasa. Tools ini akan membuatkan beberapa pilihan copy secara otomatis.

Quillbot

Kalau kamu kesulitan merangkai kata, Quillbot akan menjadi tools AI Copywriting yang akan bantu memarafrase tulisanmu menjadi teks yang nyaman dibaca. Sama seperti Copy.ai, kamu bisa memilih tone bahasa yang ingin digunakan, contohnya simple, formal, atau kreatif. Quillbot juga memiliki fitur tambahan yang tak kalah canggihnya, yaitu cek plagiarisme, cek tata bahasa, dan peringkas paragraf.

Notion.ai

Tools yang terkahir ada Notion.ai. Jika tools sebelumnya dapat membantu copywriter dalam pembuatan konten, Notion.ai akan memberikan ruang bagi copywriter untuk menulis draft dan berinteraksi dengan tim. Terdapat beberapa fitur yang tersedia di Notion.ai, yaitu Summarize, Brainstorm Ideas, Fix Spelling and Grammar, dan Translate.

Itulah keempat tools AI copywriting yang dapat mempermudah pekerjaan copywriter dalam mencari ide dan menulis naskah. Gunakanlah tools ini sebaik mungkin, dan tetap utamakan kreativitasmu untuk menciptakan naskah yang berkualitas ya!

Kalau kamu tertarik mendalami copywriting, kamu bisa ikutan kelasnya di program Digital Marketing dan Social Media dari Digital Marketing School! Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini atau DM social media kami.