jenis copywriting

5 Jenis Copywriting dan Penerapannya yang Wajib Kamu Tahu

Copywriting merupakan sebuah teknik atau cara membuat materi pemasaran yang dapat membujuk audiens untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Tujuannya adalah untuk membujuk para pembaca untuk membeli, menggunakan produk maupun jasa, ataupun ikut bergabung dengan sebuah komunitas.

Copywriting punya pengaruh besar dalam tingkat keberhasilan suatu bisnis. Sebagai langkah awal untuk memahami lebih dalam soal copywriting, sangat penting untuk kamu mengetahui jenis copywriting dan penerapannya.

Direct Response Copywriting

Jenis copywriting yang pertama adalah Direct Response Copywriting. Direct response copywriting merupakan bentuk konten tulisan yang mengarahkan langsung orang untuk mengklik halaman di sebuah website. Tujuan akhirnya adalah call-to-action. Contohnya mengarahkan audiens untuk mengklik tombol “subscribe” atau mengajak untuk membagikan konten.

Marketing Copywriting

Marketing copywriting merupakan jenis copywriting yang punya bentuk konten menyampaikan informasi penjualan untuk meyakinkan konsumen berupa penjelasan fungsi dan manfaat produk. Berfokus pada penawaran produk, memberikan solusi kepada konsumen, dan menyampaikan manfaat produk.Tujuan copywriting ini tentu saja untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Contoh penerapannya adalah email marketing atau konten dalam menu homepage.

Brand Copywriting

Brand copywriting merupakan copywriting yang fokus dalam menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand. Contohnya adalah tagline atau slogan brand. Biasanya jenis copywriting ini terletak di halaman “tentang kami” sebuah situs web.

SEO Copywriting

SEO copywriting merupakan copywriting yang fokus untuk tampil dalam mesin pencari. Fungsinya adalah agar konten pada web dapat terindeks dengan cepat pada mesin pencari sekaligus juga menarik minat audiens lewat konten yang berkualitas. Biasanya jenis copywriting ini terdapat pada deskripsi produk, landing page, dan kategori produk.

Technical Copywriting

Jenis copywriting yang terakhir adalah technical copywriting. Copywriting ini berfokus memberikan pengetahuan yang mendalam soal cara kerja suatu produk maupun layanan. Umumnya copywriting ini digunakan pada produk teknologi, kecantikan dan produk kesehatan.

Jenis copywriting dan penerapannya ini wajib kamu ketahui karena bisa bantu kamu melariskan bisnismu. Perdalam semua jenisnya dan asah terus kemampuan copywriting mu mulai sekarang.

Kalau kamu merasa perlu belajar lebih lanjut soal copywriting, kamu bisa ikut program digital marketing di Digital Marketing School. Selain belajar copywriting, kamu juga akan belajar seputar digital marketing. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi admin dengan klik di sini.