jenis email marketing

Buat Pelanggan Makin Loyal dengan 5 Jenis Email Marketing Ini

Email marketing memang sedikit lebih tradisional dibanding strategi marketing lainnya, akan tetapi strategi ini bisa dikatakan lebih tepat ketika kamu ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Lewat beberapa jenis email marketing, kamu bisa merebut hati pelanggan dan membuatnya setia dengan produk kamu.

Menurut WBR Digital, keberhasilan email marketing dalam mengakuisisi konsumen baru mencapai 81%, sedangkan social media marketing hanya 51%. Selain ini yang menjadi keuntungan menggunakan strategi ini adalah biaya yang murah.

Terdapat beberapa jenis email marketing yang bisa kamu pakai bergantian. Yuk simak di bawah!

Welcome Email

Sesuai namanya, jenis email marketing yang satu ini berisikan kalimat sambutan untuk audiens yang baru saja berlangganan emailmu. Email sambutan ini akan membuat audiens merasa emosional karena telah disambut hangat oleh brandmu. Pastikan welcome email milikmu punya visual yang menarik agar kesan pertama audiens itu baik terhadap brand-mu.

Penawaran Khusus

Jenis email marketing ini sangat wajib kamu aplikasikan untuk mengajak audiens mengambil tindakan, contohnya melakukan pembelian. Strategi ini adalah cara terbaik untuk membuat audiens tertarik dengan produk kamu sekaligus juga membuatnya tetap berlangganan karena audiens akan menunggu-nunggu email promosi selanjutnya.

Pengumuman Up-To-Date Produk

Pengumuman produk ini adalah jembatan untuk memberitahu audiens tentang apa saja hal-hal terbaru yang sudah kamu buat, mulai dari produk, layanan atau pembaruan dari suatu produk. Jenis email marketing ini sangat penting karena membuat audiens tetap up-to-date mengenai perkembangan brand-mu.

Special Occasion Email

Jenis email marketing yang bisa kamu pakai selanjutnya adalah special occasion email. Email ini dikirimkan ketika ada momen special terjadi, misalnya ketika konsumenmu berulang tahun atau hari libur besar. Kirimkan email beberapa hari sebelum momen spesial itu terjadi untuk meningkatkan peluang konsumen melakukan pembelian.

Undangan Event

Selain menginfokan tentang produk, email marketing juga bisa dipakai untuk mempromosikan acara atau event mendatang dari brand kamu. Kasih lihat kelebihan event tersebut dan apa manfaat yang didapatkan oleh audiens jika mengikutinya. Sebaiknya kamu tulis juga alasan kenapa orang-orang harus mengikuti event tersebut.

Itu dia 5 jenis email marketing yang bisa kamu pakai sebagai strategi marketingmu. Strategi ini bisa mempererat hubunganmu dengan audiens dan menciptakan pelanggan yang loyal.

Kalau kamu ingin menambah wawasanmu tentang marketing, kamu bisa ikuti kelas Digital Marketing dari Digital Marketing School.

Kamu akan dibimbing oleh mentor keren yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kamu juga bebas bertanya soal apapun lho!

Untuk pendaftaran, klik di sini atau DM IG kami.