fbpx
5 profesi digital marketing dan prospek karirnya

5 Profesi digital marketing dan prospek karirnya

Dalam Profesi Digital Marketing akan mengedepankan pemasaran produk atau jasa melalui strategi, taktik, dan saluran digital, meliputi media sosial, SEO, pemasaran email, dan iklan digital.

Profesi ini semakin diminati terutama sejak dimulainya pandemi, di mana setiap bisnis berlomba-lomba untuk memasarkan produk secara berani.

Tidak hanya dari perspektif permintaan oleh pemberi kabar kerja, pekerjaan ini juga sangat diminati, khususnya oleh generasi milenial dan Gen Z.

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, secara umum, prospek pekerjaan dalam bidang Pemasaran Digital diproyeksikan untuk terus tumbuh sekitar 10% dari tahun 2021 hingga 2031, melebihi pertumbuhan rata-rata pekerjaan secara keseluruhan.

Dengan kata lain, keinginan pertumbuhan ini menunjukkan bahwa peran dalam pemasaran digital akan terus menjadi kebutuhan yang krusial seiring dengan evolusi teknologi digital dan strategi pemasaran digital. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan akan terus mencari individu dengan keterampilan pemasaran digital yang mumpuni untuk mempromosikan produk mereka.

Berikut adalah beberapa peran atau posisi dalam profesi digital marketing yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan prospek karir yang diinginkan.

1. Pemasaran Konten

Pekerjaan pemasaran konten, atau yang sering disebut sebagai penulis konten, menuntut keterlibatan dalam perancangan dan pembuatan materi promosi yang mencakup berbagai aspek kreatif dan strategis. Dalam lanskap pemasaran digital yang terus berkembang, konten menjadi komponen utama yang tidak hanya menentukan keunggulan produk, tetapi juga menjadi jembatan penting untuk menarik perhatian pasar sasaran.

Tanpa konten yang menarik dan dirancang secara strategis, sulit untuk menyampaikan secara efektif nilai tambah produk kepada konsumen. Peran penulis konten tidak hanya terletak pada keterampilan menulis yang baik, tetapi juga memerlukan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan preferensi target pasar. Hanya dengan konten yang menciptakan pengalaman berarti bagi konsumen, sebuah produk dapat berhasil membangun kepercayaan dan menciptakan dampak positif dalam proses keputusan pembelian.

2. Spesialis Media Sosial

Profesi sebagai Social Media Specialist, juga dikenal sebagai Strategi Media Sosial atau Manajer Media Sosial, melibatkan manajemen berbagai platform media sosial yang dimiliki oleh perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek hingga penjualan. Profesi ini sangat dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan yang berorientasi pada profit, tetapi juga oleh lembaga atau instansi sebagai alat humas untuk membangun citra yang positif. Seorang Social Media Specialist bertanggung jawab untuk membuat rencana konten, strategi pemasaran konten, dan menerbitkan hasil konten setelah dipublikasikan.

3. Pemasaran Email (CRM)

Mungkin pernahkah Anda menerima notifikasi dari aplikasi e-commerce atau email promosi dari merek yang Anda ikuti? Itulah yang dimaksud dengan email marketing atau CRM (Customer Relationship Management). Profesi ini terdiri dari email marketing dan Pemberitahuan Dorong, yang bertugas mempertahankan, memberikan pengetahuan produk, dan promosi lebih lanjut untuk membuat calon pembeli tertarik. Profesi ini semakin dibutuhkan, terutama oleh perusahaan dengan aplikasi sebagai platform aktivitas pengguna untuk melakukan transaksi.

4. Spesialis SEO

SEO Specialist adalah profesi yang bertugas mengoptimalkan situs web perusahaan agar muncul di hasil pencarian terbaik di Google. Jika Anda sering melakukan pencarian di Google dan menemukan beberapa pilihan situs web yang memberikan jawaban dari kata kunci yang Anda cari, itu adalah hasil dari pekerjaan seorang SEO Specialist. Profesi ini memerlukan keahlian teknis untuk mengoptimalkan situs web dari segi onpage, offpage, dan teknis agar muncul di hasil pencarian teratas.

5. Pemasar Kinerja (SEM / Iklan Google & Iklan Media Sosial)

Jika pernah menerima iklan di media sosial dari produk yang dicari atau melihat label “iklan” atau “sponsored” di hasil pencarian teratas Google, itu adalah hasil dari pekerjaan performance marketer. Profesi ini mencakup perencanaan, optimalisasi, dan penyiaran hasil iklan di berbagai media. Ada dua jenis performance marketer, yaitu Pemasar SEM/Google Ads dan Pemasar Iklan Media Sosial. Keduanya memerlukan keterampilan teknis untuk mengoptimalkan konten iklan agar dapat menghasilkan konversi sesuai dengan anggaran yang ditetapkan.

Dapatkan informasi dan pelajari lebih lanjut tentang prospek karir sebagai digital marketing, bersama digital marketing school! Kamu bisa cek website kami dengan cara klik di sini atau bisa melalui DM Instagram kami.