5 Strategi Digital Marketing untuk Jangkau Banyak Pelanggan
Di zaman yang serba digital seperti sekarang, banyak perusahaan yang mulai mengalihkan bisnisnya ke digital dan berjualan online. Tapi, jualan online nggak semudah yang dibayangkan lho. Mereka perlu membuat strategi pemasaran yang matang agar semua rencana berjalan dengan lancar, dan produk laku terjual. Lalu, apa saja strategi digital marketing yang dapat diterapkan? Yuk simak selengkapnya di bawah!
Search Engine Optimization (SEO)
Strategi digital marketing pertama adalah menerapkan SEO alias Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimalkan website agar masuk peringkat pertama Google. Dengan begitu, website akan lebih mudah dijangkau dan dikunjungi audiens. Agar website berada di peringkat pertama, kamu perlu meriset kata kunci yang paling banyak dicari. Kamu dapat mencari kata kunci menggunakan tools gratis yang sudah banyak tersebar di Google.
Content Marketing
Content Marketing menjadi strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan brand awareness di Google. Kamu dapat membuat beragam konten kreatif di website, misalnya blog, infografis, atau artikel. Pastikan juga terdapat kata kunci tentang produkmu yang tersebar di dalam content tersebut.
Email Marketing
Strategi digital marketing yang satu ini cukup ampuh dalam menarik pelanggan baru. Tujuan email marketing adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan sekaligus memberikan informasi terbaru kepada mereka. Email marketing terbagi menjadi dua jenis, yaitu email informasi dan email promosi. Email informasi biasanya berisi update informasi tentang produk, tips dan trick, atau tutorial. Sedangkan email promosi terdiri dari diskon dan penawaran.
Google Ads
Menjangkau pelanggan secara organik memang lebih menantang. Maka dari itu, pebisnis cenderung menjalankan iklan untuk menjangkau audiens dengan waktu yang singkat dan tertarget. Salah satu platform iklan yang sering digunakan adalah Google Ads. Platform ini menyediakan layanan iklan yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur dana, target pasar, waktu tayang secara mandiri. Nantinya, mereka perlu membayar sejumlah biaya ke Google Ads berdasarkan jumlah klik yang didapatkan.
Social Media Marketing
Strategi digital marketing yang paling sering dijumpai adalah Social Media Marketing. Cara ini digunakan pengusaha untuk memasarkan produknya lewat berbagai platform social media, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok. Namun, kamu perlu menyesuaikan channel dan konten dengan produk yang ditawarkan, karena tiap platform social media memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda. Contohnya Tiktok yang mengandalkan elemen visual dan banyak diakses oleh kaum perempuan berusia 17 – 30 tahun.
Itu dia lima strategi digital marketing yang dapat kamu terapkan dalam menjalankan pemasaran secara online. Kalau kamu ingin belajar banyak tentang digital marketing, kamu bisa gali lebih banyak ilmu di program Digital Marketing School! Kamu akan dibimbing langsung oleh pengajar expert, dan mengerjakan berbagai project real case. Jadi, kamu lebih siap untuk terjun ke dalam dunia digital marketing yang sesungguhnya!
Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan DM admin via Instagram atau klik di sini.