content marketing

5 Tipe Content Marketing yang Cocok untuk Promosi Produk

Di dunia digital marketing, konten merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena tanpa konten yang menarik, calon pelanggan tak akan pernah berminat untuk mempelajari suatu produk lebih lanjut. Kebanyakan pemula cenderung membuat konten promosi sebanyak-banyaknya untuk menarik perhatian calon pelanggan. Padahal, mereka bisa saja bosan kalau penjual terlalu sering membuat konten produk, lho. Maka dari itu, konten perlu dibuat sevariatif mungkin agar pelanggan menjadi lebih loyal dan setia menunggu inovasi produk lainnya. Ada lima tipe content marketing yang cocok untuk promosi produk di lingkungan digital, terutama media sosial. Pelajari semuanya yuk!

Edukasi

Tipe content marketing yang pertama adalah konten edukasi. Sesuai namanya, konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang masih berkaitan dengan produk. Jadi selain berjualan, kamu dapat memberikan ilmu yang berharga kepada pelanggan, dan akunmu memiliki ‘value’ di benak mereka. Tipe content marketing tutorial juga lebih sering mendatangkan followers baru di media sosial, karena audiens merasa bermanfaat dengan edukasi yang diberikan. Beberapa contoh konten yang termasuk ke dalam tipe edukasi adalah tips, trik, dan tutorial.

Informasi

Tipe content marketing selanjutnya adalah informasi. Sebenarnya, konten ini pun sama-sama memberikan edukasi bagi pelanggan. Namun, konten informasi lebih berfokus pada data dan fakta. Misalnya, kamu membuka jasa les privat matematika untuk anak sekolah dengan metode yang menyenangkan. Nah, kamu dapat membuat konten data atau fakta mengenai rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika, dan menyambungkannya dengan jasa yang kamu tawarkan. Cara ini dapat meningkatkan kepercayaan audiens.

Promosi

Selanjutnya ada tipe content marketing promosi alias jualan. Tipe konten ini terbagi menjadi dua, yaitu soft-selling dan hard-selling. Konten promosi soft-selling adalah cara promosi secara halus, misalnya dengan membahas masalah yang target audiens hadapi, lalu tampilkan produkmu di bagian akhir sebagai solusi dari masalah mereka. Selain itu, ada juga konten promosi hard-selling, yaitu jualan secara ‘terang-terangan’ dengan tujuan untuk meningkatkan transaksi.

Testimoni

Tak kalah penting dari konten lainnya, tipe content marketing testimoni menjadi cara jitu untuk meningkatkan kepercayaan audiens. Untuk membuat konten ini, kamu perlu meminta komentar atau testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasamu. Pastikan testimoni tersebut jujur, natural, dan tidak dibuat-buat agar audiens percaya. Jika mereka sudah percaya, maka mereka akan mengajak orang-orang di sekitarnya untuk memakai produk atau jasamu juga.

Hiburan

Tipe content marketing yang terakhir adalah hiburan, seperti games, quiz, dan trivia. Tujuan dari tipe konten ini adalah untuk meningkatkan interaksi dengan audiens agar mereka lebih dekat dengan produk atau jasamu. Selain itu, konten hiburan juga berperan penting pada insight akun media sosialmu. Ini karena tipe konten hiburan dapat meningkatkan persentase interaksi dan engagement, sehingga akunmu terkesan ‘hidup’.

Itulah lima tipe content marketing yang cocok diterapkan pada akun bisnismu. Mulai sekarang, buatlah konten sevariatif mungkin supaya audiens merasa dekat dan lebih loyal dengan bisnismu ya!

Masih banyak lingkup content marketing yang perlu kamu pelajari untuk mengoptimalkan bisnismu lho. Untuk itu, kamu bisa belajar dengan para expert di kelas Social Media dari Digital Marketing School! Informasi lebih lanjut, silakan hubungi admin kami via DM IG atau klik di sini.