fbpx
marketing campaign

5 Tips Marketing Campaign Untuk Curi Perhatian Audiens

Marketing campaign merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk melalui berbagai macam media sosial. Tujuannya tentu saja untuk membangun sebuah brand image produk.

Sebagai contoh, saat ingin membeli air mineral, kamu cenderung menyebutnya dengan “Aqua” padahal Aqua adalah nama brand, bukan nama produk. Ini bisa terjadi karena brand Aqua begitu lekat dengan konsumen dan ini menjadi bukti bahwa Aqua berhasil melakukan marketing campaign.

Jika kamu ingin nama brandmu melekat di benak konsumen seperti Aqua, kamu harus mengikuti beberapa tips ini.

Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Sebelum melakukan marketing campaign, kamu harus tentukan dulu tujuan dari campaign tersebut. Ini untuk memudahkan kamu dalam merancang konsep, topik, hingga media yang akan kamu gunakan.

Pahami Tren Viral

Sebagian besar marketing campaign yang berhasil adalah campaign yang membawa tren yang sedang viral. Maka dari itu kamu harus memahami tren apa saja yang sedang viral. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan momen.

Contohnya seperti campaign Indomie di bulan Ramadan yang meluncurkan kemasan tanpa gambar mie seperti sebelumnya. Campaign ini menjadi viral dan banyak orang yang membeli Indomie hanya karena kemasannya yang unik.

Tentukan Terget Audiens

Selanjutnya kamu harus menentukan dulu siapa target audiens kamu. Hal ini penting karena media marketing campaign yang kamu gunakan akan tidak efektif jika kamu tidak tahu siapa target audiens dari marketing tersebut.

Berpikir Out Of The Box

Sebagai seorang marketer, kamu perlu berpikir out of the box dalam merancang marketing campaign. Kamu harus pikirkan secara mendalam, apa yang membedakan campaignmu dengan campaign brang lain. Cari sesuatu yang unik, yang belum pernah diangkat oleh brand lain.

Buat Timeline

Kamu perlu menentukan timeline untuk marketing campaign agar kamu lebih mudah menentukan begaimana ide campaign disampaikan dan lewat media apa kamu mempromosikannya.

Kamu bisa mulai dengan membuat timeline campaign secara general, kemudian lihat apa aset marketing dan channel mana yang ingin kamu gunakan dan selanjutnya tentukan bagaimana konten untuk setiap channel dengan jelas.

Beberapa tips di atas bisa kamu terapkan dalam campaign marketing kamu agar campaignmu berhasil mencuri perhatian audiens.

Kalau kamu masih merasa perlu untuk memperdalam ilmu marketing, kamu bisa ikut kelas Digital Marketing dari Digital Marketing School lho!

Di sini, kamu akan dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, klik di sini atau DM IG kami ya.