Tak Hanya Scrolling, Ini 5 Tugas Besar Social Media Specialist
Social media specialist adalah orang yang bertanggung jawab menjadi wakil perusahaan di seluruh media sosial. Seseorang dengan pekerjaan ini akan selalu bergelut dengan social media, namun bukan berarti tugasnya hanya seputar scrolling media sosial saja.
Lebih dari scrolling media sosial, seseorang dengan pekerjaan ini memiliki banyak job desk lain seperti menangani community engagement dan customer service. Mereka juga perlu memantau tren yang ada di setiap media sosial untuk dapat membuat konten yang berpotensi viral.
Berikut adalah beberapa job desk atau tugas dari social media specialist.
Membuat dan Menerapkan Strategi Media Sosial
Job desk yang pertama adalah membuat dan menerapkan strategi media sosial. Sebelum membuat dan menerapkan strateginya, seorang social media specialist harus melakukan riset marketing terlebih dahulu. Riset ini diperlukan guna menentukan strategi dan terciptanya sebuah strategi media sosial yang tepat.
Membuat Konten yang Menarik
Job desk yang kedua adalah membuat konten yang menarik. Seorang social media specialist harus melahirkan konten yang menarik, mulai dari headline yang eye catching hingga konten yang menciptakan engagement.
Membuat Kalender Editorial
Job desk yang ketiga adalah membuat kalender editorial. Kalender editorial ini akan memudahkan social media specialist dalam mengontrol publikasi konten, mulai dari jadwal publish, isi konten, hingga platform yang digunakan untuk menertibkan konten.
Menganalisis Data dan Metrik Media Sosial
Job desk yang keempat dari tugas social media specialist adalah menganalisis data dan metrik media sosial. Tujuannya adalah untuk melihat hasil dari pembuatan konten, apakah berhasil menarik engagement atau nggak, dan juga untuk memperkirakan konten yang bagus untuk konten selanjutnya.
Membangun Jaringan dengan KOL
Job desk yang kelima adalah membangun jaringan media sosial dengan KOL atau Key Opini Leader. KOL memiliki peran sangat penting di dalam dunia digital marketing. Di samping harus memiliki kemampuan dalam membangun jaringan dengan KOL, seorang social media specialist juga harus memiliki kemampuan dalam memilih KOL yang tepat.
Itulah beberapa job desk yang diemban seorang social media specialist. Selain berurusan dengan marketing, pekerjaan ini juga harus mampu menganilis data.
Tertarik dengan dunia Digital Marketing? Atau ingin menambah ilmu digital marketing lebih dalam lagi? Kamu bisa ikuti kelas Digital Marketing di Digital Marketing School! Di sini kamu bakal bimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya dan bebas bertanya soal apa pun lho!
Jadi, kamu tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu di sertifikasi Digital Marketing lewat website atau sosial media kami.