Begini Workflow Digital Marketing Media Sosial yang Bisa Kamu Ikuti

Digital marketing pada setiap wadahnya memiliki cara kerjanya masing-masing. Dalam digital marketing pada platform media sosial juga demikian. Bagi kamu yang baru mulai terjun ke dalam dunia digital marketing, terutama menggunakan media sosial wajib tahu bagaimana cara kerja media sosial masa kini, mulai dari mengenali kriteria pengguna media sosial, konten seperti apa yang baiknya disajikan, juga fitur-fitur yang terdapat pada suatu media sosial. Sebab, cara kerja atau workflow digital marketing pada setiap media sosial berbeda-beda.

Workflow digital marketing media sosial pada platform seperti Instagram, Twitter, dan lain-lain biasanya dikhususkan untuk tulisan yang pendek namun informatif atau berisi konten yang mengarahkan pada artikel yang terdapat pada website bisnis yang dimiliki. Berbeda dengan Facebook yang bisa memuat tulisan yang lebih panjang. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara kerja atau workflow digital marketing pada media sosial.

Content Ideation

Untuk memulai workflow digital marketing media sosial kamu yaitu dengan pembuatan Ide konten, meliputi penciptaan, peninjauan, dan pengembangan konten. Konten yang konsisten sangat menentukan marketing pada media sosial kamu, karena sajian konten akan mencirikan identitas bisnis yang kamu miliki. Pikirkan ide konten besar yang akan kamu sajikan. Buat konten utama yang nantinya akan menjadi payung dari konten-konten social media kamu nantinya. Selain itu pikirkan juga grand design yang nantinya akan menjadi tampilan media sosial kamu.

Content Creation

Sehabis kamu pikirkan ide konten utamanya, segera buat konten yang telah kamu pikirkan. Pada tahap ini kamu perlu mengandalkan kreatifitas, review, juga peninjauan ulang konten. Perhatikan juga konten yang kamu sajikan. Konten yang tidak terfokus pada satu tema akan membuat orang-orang bisa bingung dan bertanya-tanya sebenarnya produk atau jasa yang kamu tawarkan pada mereka.

Menentukan Schedule

Setelah konten kamu sudah lengkap, atur jadwal konten kamu yang nantinya akan diposting di media sosial. Sesuaikan jadwal dengan konten kamu, agar nantinya saling berkaitan dan pembahasannya tidak loncat-loncat. Dalam hal ini kamu membutuhkan pengetahuan social media management.

Buat Copy Konten

Ketika ide konten utama sudah ada, konten yang akan disajikan pun sudah matang, dan pengaturan jadwal sudah rampung, waktunya kamu membuat copy atau tulisan mengenai konten-konten kamu. Pada tahap ini dibutuhkan pengetahuan copywriting dan content writing,tergantung dengan konten yang akan kamu sajikan nantinya.

Buat Desain

Pastinya desain sangat penting untuk memberi tampilan pada media sosial kamu. Sesuaikan juga bentuk dan warna desain dengan ide konten yang telah kamu tentukan. Buat semenarik mungkin dan enak dilihat agar orang-orang betah mengunjungi akun media sosial kamu. Dan tentu saja, posting kontennya apabila sudah jadi.

Analisa Perkembangan

Setelah konten kamu diposting, lakukan riset mengenai perkembangan konten dan media sosial kamu. Review dan buat evaluasi dari data yang ditemukan. Misalnya insight konten kamu ramai pada pukul berapa, hari apa, dan sebagainya, atau meninjau jumlah like terbanyak terdapat pada konten yang seperti apa. Bagian dari workflow digital marketing pada media sosial ini sangat penting untuk pengembangan bisnis kamu melalui media sosial dan jangan sampai terlewat.

 

Uraian di atas merupakan bagian-bagian umum dalam workflow digital marketing pada media sosial. Sedangkan untuk secara mendetail, perlu banyak mempelajari lagi mengenai digital marketing. Kamu bisa mempelajarinya di Digital Marketing School. Digital Marketing School menyediakan program online course untuk membantu para digital marketer maupun kamu yang baru mengenal dunia digital marketing untuk meningkatkan skill Social Media Management, Optimasi Instagram untuk Bisnis, penguasaan copywriting, dan masih banyak lagi. Kamu bisa cari tahu lebih lanjut mengenai Program Digital Marketing School dengan klik DI SINI

Kunjungi Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk info terbaru seputar digital marketing dan bisnis.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment