social media manager

Berbeda dari Social Media Specialist, Ini Tugas yang Dimiliki Social Media Manager

Social media manager adalah seseorang yang dipercaya dan bertanggung jawab untuk mengawasi, mengeksekusi, menyaring, menyunting, dan mengukurĀ  aktivitas semua media sosial milik perusahaan. Sosok ini merupakan seseorang dengan jam tinggi dalam dunia media sosial dan memiliki hak untuk mengambil keputusan dalam dunia media sosial.

Sebenarnya posisi ini memiliki tugas yang nggak jauh berbeda dengan tugas social media specialist. Hanya saja ada tanggung jawab yang lebih besar untuk dikerjakannya. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja tugas lain dari seorang social media manager yang berbeda dari social media specialist, simak artikel ini sampai habis ya.

Menjadi Kunci Komunikasi

Seorang social media manager memegang akun social media perusahaan, maka nggak cuma unggah konten saja tapi seseorang dengan posisi ini harus berinteraksi dengan konsumen. Interaksi seperti membalas pesan dan komentar secara intens akan membantu menaikkan jumlah engagement di media sosial sehingga akan memperluas jangkauan konten dan akun media sosial.

Menampilkan Identitas Brand

Banyak brand yang melalukan promosinya lewat media sosial, maka seorang social media manager harus menonjolkan akun media sosial yang dimilikinya untuk membedakan dengan kompetitor lain. Memberikan cici khas sendiri yang mudah dikenali oleh konsumen.

Memilih Desain Konten yang Sesuai

Daya tarik dari media sosial adalah adanya konten visual, baik foto maupun video yang dapat menarik perhatian pengguna media sosial. Seorang social media manager harus membantu dan menentukan desain konten yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga dapat menarik minat konsumen untuk melihat dan melakukan interaksi dengan konten.

Membuat Strategi Promosi

Tujuan dari membuat akun media sosial brand adalah mengenalkan produk ke pengguna social media, karenanya penting bagi social media manager untuk membuat strategi promosi dengan memanfaatkan fitur social media serta konten visual dan tulisan yang menarik.

Menyusun Strategi Engagement Media Sosial

Interaksi dengan konsumen seperti membalas pertanyaan konsumen di pesan langsung dan komentar merupakan bagian penting dalam membangun akun media sosial. Oleh karena itu, selain membuat strategi promosi, social media manager juga ditugaskan untuk menyusun strategi engagement media sosial untuk mendapatkan gaya komunikasi yang tepat dengan konsumen yang dimiliki serta mudah dikenali oleh pengikut yang dimiliki.

Nah itu dia 5 tugas social media manager yang berbeda dari social media specialist. Selain kelima tugas di atas, sosok ini juga memiliki tanggung jawab untuk menjadi representasi perusahaan di media sosial.

Bagaimana? Tertarik menjadi social media manager? Atau tertarik dengan dunia Social Media lebih dalam? Kalau iya, kamu bisa ikut kelas Social Media di Digital Marketing School! Di sana kamu bebas bertanya dan akan dibimbing oleh para mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Segera daftarkan diri kamu di sertifikasi Social Media lewat website atau sosial media kami sebelum kuotanya penuh.