Cara Tingkatkan Kemampuan Personal yang Berdampak Kepada Teknik Penjualan

Tidak sedikit orang yang selalu menghindari para pekerja sales yang menawarkan produknya. Ini adalah sebuah tantangan yang perlu diterima sebagai bagian dari tanggung jawab.

Sebenarnya, jika ingin merasa lebih baik, tanamkan pikiran bahwa apa yang Anda rasakan dan yang Anda pikirkan akan turut menentukan bagaimana Anda melayani konsumen dan tentu saja berpengaruh pada penjualan. Maka, khusus bagi tenaga sales, sebelum memulai pekerjaan bagaimana menjual yang baik, perhatikan juga karakteristik mendasar manusia atau konsumen.

Baca juga: Digital Marketing VS Marketing Konvensional, Mana yang Lebih Unggul untuk Memasarkan Bisnis Anda?

1. Konsumen adalah sumber pendapatan Anda

Jika Anda gagal memperoleh konsumen, maka Anda tidak mendapatkan uang. Dan jika tidak ada uang, maka tidak akan ada makanan. Sekarang, bagaimana Anda memandang konsumen.

2. Servis datang dari kepercayaan diri

Dalam maksud untuk memenuhi servis penjualan yang baik, ada tiga hal yang harus disajikan kepada mereka yaitu, Anda harus percaya bahwa Anda bekerja untuk perusahaan terbaik, yakni bahwa Anda adalah orang terbaik dan yakin Anda memiliki produk terbaik. Sekarang tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda percaya dengan kemampuan sendiri dan apa yang hendak Anda lakukan?

Pelajari bagaimana cara menjadi seorang pemimpin dalam digital marketing.

3. Kunci kesuksesan di lapangan bukan didapat dari sekolah atau kursus

Semua didapat melalui learning by doing,  perilaku positif, pencapaian tujuan, proses mendengarkan, dan tanggung jawab harus dipelajari sendiri. Jika Anda ingin sukses maka kuasai sikap-sikap ini.

4. Perilaku menentukan tingkat pelayanan yang Anda tunjukkan

Perilaku positif adalah landasan kehidupan dan menetukan faktor kemampuan pelayanan. Beberapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap harinya untuk membangun perilaku ini?

5. Kemampuan mendengar harus sama baiknya dengan kemampuan berbicara

Mendengarkan menyediakan lahan lebih luas untuk penjualan dibandingkan berbicara. Lakukan proses mendengar efektif yaitu mendengar sekaligus memahami, tulislah jawaban dan pertanyaan sebelum berbicara.

Baca juga: Cara Membangun Kerangka Bisnis Digital Marketing untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

6. Rasa tanggung jawab

Tingkat tanggung jawab Anda menentukan persepsi konsumen

7. Jangan anggap konsumen marah terhadap Anda

Di sini mental harus dijaga karena tidak jarang sales mendapat kemarahan konsumen. Mungkin mereka marah karena hal lain atau tidak puas dengan produk Anda. Jadi jangan dibawa personal.

8. Anda mewakili karyawan lainnya di perusahaan Anda

Jika Anda adalah tenaga sales yang baik maka konsumen akan berpikiran bahwa perusahaan Anda dipenuhi oleh orang-orang baik, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Bagaimana Membangun Bisnis Via Email Marketing?

9. Servis adalah tentang perasaan

Jika Anda bisa membuatnya tertawa maka Anda juga bisa membuatnya membeli. Oleh karena itu, sisipkan humor dalam usaha penjualan Anda.

10. Jangan ketinggalan informasi atau berita penting

Ini baik bagi penunjang pengetahuan Anda, sehingga konsumen tidak menganggap Anda tidak tahu apa-apa.

11. Kunci sukses adalah mulailah dengan kata, ‘ya’ dan jangan berlindung di balik kalimat kebijakan perusahaan

Jangan berikan banyak kesempatan kepada konsumen untuk menghindar, berikan solusi jangan alasan-alasan.

Baca juga: Cara Tingkatkan Kemampuan Personal yang Berdampak Kepada Teknik Penjualan

Post a Comment