Chatbot Dapat Meningkatkan Engagement

Layanan konsumen yang baik akan membuat kepercayaan seseorang terhadap brand meningkat. Imbasnya, orang akan setia pada produk atau layanan kamu, bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Chatbot didesain untuk mendukung customer service, dan bisa memberikan informasi dalam waktu singkat. Ketika konsumen membutuhkan akses instan terhadap informasi produk atau menyampaikan komplain, chatbot bisa mengakomodasi hal tersebut.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Komplain dari Customer

Konsumen menginginkan respons yang cepat.

Di era digital ini, kita akan melihat lebih banyak penggunaan chatbot untuk automasi pemasaran. Bahkan, akan lebih banyak lagi industri yang menggunakan chatbot untuk menangani transaksi yang cukup kompleks. Konsumen menginginkan respons yang cepat, jadi sudah saatnya kamu mulai melirik layanan yang satu ini.

Perusahaan besar seperti Amazon bahkan sudah mulai menciptakan layanan chatbot untuk memudahkan komunikasi antara partner Business to Company Amazon dengan konsumen mereka. Sebuah penelitian juga menyebutkan, keberadaan chatbot dapat meningkatkan engagement dengan konsumen, dan meningkatkan persentase jumlah orang yang membuka informasi tentang suatu kampanye promosi sebesar delapan puluh persen.

Baca juga: Hati-hati 5 Kesalahan dalam Berbisnis di Instagram

Tips:

– Buat respons bot senatural mungkin, hingga pengguna merasa seperti sedang bicara dengan manusia.

– Ciptakan bot yang minim bug, bisa memberikan respons cepat, bekerja di berbagai perangkat, dan bisa memberikan bantuan yang relevan bagi pengguna.

– Chatbot yang baik adalah yang dapat memberikan pengguna rekomendasi dan mempersingkat proses pembelian.

Baca juga: Cara Bagaimana Memaknai Setiap Kendala Saat Merintis Usaha Baru

Post a Comment