5 Tips Copywriting For Social Media Untuk Pebisnis Pemula

Copywriting for Social Media, apa itu? Sebagai seorang pebisnis pemula, Anda perlu mengetahui jika saat ini kegiatan pemasaran sudah mulai beralih ke online dengan memanfaatkan teknologi internet dan sosial media, seperti Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya.

Social media dianggap menjadi sarana yang efektif untuk melakukan pemasaran secara lebih efisien dan tentunya berdampak terhadap penjualan bisnis Anda. Apalagi jika Anda seorang pebisnis pemula, hukumnya wajib untuk Anda mulai belajar memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk memasarkan produk ataupun jasa Anda kepada khalayak lebih luas.

Namun, jika berbicara tentang pemasaran atau berjualan di sosial media, hal yang pertama harus Anda sangat pahami adalah bagaimana Anda membuat sebuat tulisan atau copywriting yang sangat menjual untuk target pasar Anda. Ini yang dinamakan dengan Copywriting For Social Media.

Copywriting for Social Media adalah hal pertama yang harus Anda kuasai saat hendak melakukan pemasaran secara online melalui sosial media. Kenapa? Karena berbisnis di sosial media akan lebih banyak menggunakan tulisan dan gambar sebagai media Anda dalam memasarkan produk atau jasa. Tidak seperti berjualan secara face-to-face yang menggunakan mouth-to-mouth marketing sebagai sarana Anda untuk berjualan.

Dengan Copywriting for Social Media, Anda akan mampu meyakinkan mereka bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan adalah yang mereka butuhkan, tanpa perlu effort berlebihan seperti pemasaran secara tradisional. Cukup membuat tulisan atau postingan yang powerful, dengan gambar yang bagus, bukan tidak mungkin Anda mampu menarik target pasar lebih banyak, dan potensi cuan pun akan ikut meningkat.

Mau tau bagaimana cara membuat Copywriting for Social Media yang tepat dan manjur? Makanya baca artikel ini sampai habis, ya!

Tentukan ‘Karakter’ dan Pembawaan Anda di Sosial Media

Di sosial media, Anda akan menampilkan diri Anda melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dll. Sama seperti manusia, di sosial media, Anda harus mampu membangun karakter dan pembawaan yang sesuai dengan target pasar Anda.

Misalkan, Anda seorang pebisnis pemula yang akan membuka bisnis hijab. Karena target pasar Anda adalah wanita muslimah milenial, maka karakter yang harus Anda bentuk di sosial media bisnis Anda adalah sopan namun tetap ramah dan friendly, gaya komunikasi yang casual dan memiliki panggilan tersendiri untuk memanggil pengikut seperti kita memanggil sahabat kita.

Tulis Postingan yang Mengandung PAS (Pain, Agitate, Solution)

Agar target pasar Anda mau membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan, kunci nya hanya satu. Produk atau jasa Anda harus memberikan solusi dan menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Maka dari itu, setiap postingan sosial media bisnis Anda harus menggunakan pola PAS yaitu Pain, Agitate, Solution. Kenali masalah yang sering dihadapi target pasarmu yang berkaitan dengan solusi yang akan kamu berikan, kemudian beri alasan konkrit mengapa produk atau jasa Anda dapat menyelesaikan permasalahan mereka, apa yang bikin mereka harus memilih produk atau jasa Anda, kemudian terakhir adalah solusi, waktunya Anda menampilkan produk Anda kepada mereka. Jangan lupa untuk sertakan kontak dimana mereka bisa membeli/menggunakan produk/jasa kamu.

Simple is The Best!

Buatlah tulisan yang singkat, padat dan to the point. Kebanyakan target pasar di sosial media sangat malas jika harus membaca tulisan promosi yang terlalu bertele-tele dan panjang. Jadi, usahakan Anda merangkai kata dengan sesingkat, sejelas dan semanis mungkin ya!

Libatkan Emosi di Dalam Tulisan Postinganmu

Copywriting For Social Media Anda akan semakin ampuh jika Anda bisa melibatkan emosi dari target pasar Anda. Maksudnya gimana? Saat Anda menjelaskan apa yang menjadi masalah yang kerap di alami oleh target pasar Anda, berikan sedikit tulisan yang emosional di dalam nya.

Kamu bisa menggunakan emosi yang negatif atau positif, tergantung dari cara kamu menjelaskan masalah mereka.

Jangan Lupa Gunakan Hashtag dan CTA, ya!

Supaya tulisan kamu semakin luas jangkauannya, kamu bisa gunakan beberapa hashtag yang terkait dengan produk/jasa kamu. Tujuannya supaya postinganmu tersebar lebih luas lagi karena postinganmu akan masuk ke dalam salah satu list yang ada di dalam hashtag yang kamu gunakan.

Selain hashtag, CTA atau Call To Action juga perlu banget ya! Tujuannya adalah agar target pasar kamu tau kemana mereka harus menghubungi kamu ketika mereka sudah tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/jasamu.

Nah, itu dia beberapa tips mudah dari Copywriting For Social Media yang bisa kamu terapkan ketika hendak memulai bisnis di sosial media. Oh iya ada satu lagi tips yang penting untuk kamu lakukan, konsisten! Tanpa konsisten, semua yang sudah kamu lakukan ini akan sia-sia saja. Jadi, jangan menyerah, terus belajar dan praktekkan ya!

Jangan lupa untuk selalu memperbaharui informasi dan tips seputar Digital Marketing dan Copywriting For Social Media di Digital Marketing School. Kamu bisa follow akun Instagram kami disini untuk dapatkan informasi tentang strategi Digital Marketing dan tips & trik berjualan di sosial media!