fbpx

Buat Copywriting yang Menarik dengan 4 Formula AIDA

Copywriting yang menarik bukan hanya mampu menarik target pasar untuk mencari tahu tentang produk atau jasa apa yang kita tawarkan kepada mereka, bahkan lebih dari itu, pada akhirnya mereka juga bisa tertarik untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa kita.

Bagi seseorang yang bergerak di bisnis online ataupun yang bekerja di dunia Digital Marketing, sudah kewajiban mereka untuk bisa menciptakan tulisan (copy) yang mampu menarik calon customer untuk melakukan transaksi terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Pada hakikatnya, copywriting yang menarik diciptakan untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis. Meskipun bisnis yang Anda kelola masih terbilang baru, tapi ketika Anda mampu memaksimalkan seluruh strategi bisnis online termasuk membuat copywriting yang menarik dan menjual, tentu saja hasilnya Anda mampu meraup untung dari banyaknya konversi penjualan yang terjadi.

Anda pun jadi memiliki peluang untuk mengalahkan pesaing atau kompetitor-kompetitor Anda. Itulah mengapa sebabnya Anda perlu sekali belajar bagaimana menciptakan copywriting yang menarik calon pelanggan Anda untuk mau membeli ataupun menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Berbeda dengan tulisan artikel pada umumnya, tulisan copywriting harus mengandung ajakan (persuasif) yang meyakinkan mereka bahwa mereka harus membeli produk atau jasa Anda. Makanya, ada beberapa formula yang bisa Anda gunakan untuk membuat copywriting yang menarik, salah satu nya adalah formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Seperti apa konsep AIDA itu digunakan untuk menciptakan tulisan copywriting yang menarik dan menjual? Simak ulasannya sampai habis di artikel ini ya!

Attention

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat copywriting yang menarik adalah membuat tulisan yang dapat mengambil alih perhatian mereka. Di paragraf awal, bagaimana caranya Anda harus mampu menarik bahkan jika bisa mengambil alih perhatian calon customer Anda.

Bahkan ada sebuah studi yang dilakukan oleh SilverPop mengatakan jika daya perhatian seseorang pada sesuatu hanya bertahan selama 8 detik saja. Nah itu berarti, Anda harus bisa membuat calon customer yang membaca copywriting Anda langsung tertarik dalam waktu 8 detik saja.

Lalu, bagaimana caranya? Buatlah kalimat yang menekankan pada niche market (target audien/pasar bisnis Anda) dan Anda juga bisa menekankan permasalahan yang mereka hadapi saat ini. Ingat! permasalahan yang di jelaskan harus mengacu pada produk/jasa yang Anda tawarkan ya. Karena, Anda harus menawarkan solusi dari masalah mereka yakni menggunakan produk atau jasa Anda.

Buatlah kalimat copywriting yang provokatif tapi tidak click baik ya! Anda juga bisa sembari menampilkan media pendukung tulisan Anda seperti gambar atau video.

Interest

Nah, setelah Anda mampu mengambil perhatian mereka, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat mereka semakin tertarik dengan produk atau jasa yang Anda sedang tawarkan. Ketika Anda sudah menjelaskan titik permasalahan yang terjadi pada target customer Anda, selanjutnya Anda bisa memunculkan beragam informasi atau fakta pendukung agar mereka semakin tertarik dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

Dalam Interest, Anda harus dapat meyakinkan bahwa customer membutuhkan produk atau jasa Anda, berikan alasan mengapa mereka harus membeli produk atau jasa Anda. Dengan begitu, Anda mampu menciptakan setengah dari keseluruhan tulisan copywriting yang menarik.

Desire

Ketika Anda sudah mengambil alih perhatian mereka dan mengambil alih perhatian mereka, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat mereka benar-benar semakin menginginkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dalam tahap Desire, Anda benar-benar harus bermain dengan emosi target customer. Anda bisa coba bermain dengan emosi dan logika. Posisikan diri Anda di tempat mereka, beri tahu apa yang mereka butuhkan ada pada produk atau jasa Anda. Jelaskan fitur dan benefit produk/jasa Anda secara rinci sehingga mereka semakin tertarik untuk membeli produk Anda dan permasalahan mereka dapat teratasi.

Untuk mendukung konversi lebih cepat, Anda juga dapat memberikan sedikit iming-iming seperti soft opening discount, buy 1 get 1 dan lainnya.

Action

Ini dia tahap terakhir dalam membuat copywriting yang menarik, yaitu Action. Ketika Anda sudah mendapatkan perhatian mereka, membuat mereka semakin tertarik dan tertarik lebih dalam, langkah akhir yang harus Anda lakukan adalah Action.

Ajaklah target customers Anda untuk mau segera melakukan pembelian. Berikan kalimat-kalimat yang mengandung Call to Action (CTA) seperti “Beli Disini..” “Beli sebelum besok harga naik..” “Beli dan dapatkan diskon…” dan sebagainya.

Jangan lupa ketika Anda berada di tahap ini, langsung tulisan kontak yang bisa target customer Anda hubungi ketika mereka akan membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Itulah dia konsep AIDA yang bisa menjadi panduan kamu dalam membuat copywriting yang menarik dan menjual. Setiap copywriting memiliki fungsi nya sendiri, ada copywriting untuk menjual secara langsung (hard selling) maupun copywriting yang menjual melalui pengenalan produk terlebih dahulu (soft selling).

Jangan lupa untuk perbaharui selalu informasi mu mengenai Copywriting Tips dan Digital Marketing hanya di Digital Marketing School. Follow juga Instagram kami untuk dapatkan tips-tips dan strategi ter-update seputar Digital Marketing