fbpx
digital marketing metric

Ini Digital Marketing Metric untuk Tingkatkan Keberhasilan Campaign

Kamu berencana untuk menjadi digital marketer? Sudah tahu soal Digital Marketing Metric belum? Sebagai calon digital marketer, kamu wajib tahu soal ini lho.

Digital Marketing Metric adalah berbagai nilai atau indikator  yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam pemasaran bisnis online. Metric ini bisa digunakan sebagai petunjuk apakah usaha digital marketing yang kamu lakukan berhasil atau tidak. Secara umum, pengukuran ini dilakukan dengan bantuan tool khusus seperti Google Analytics.

Dalam sebuah digital marketing platform, ada beberapa metrics yang menjadi nilai ukur. Apa saja digital marketing metrics itu? Simak artikel ini sampai tuntas.

Website Metrics

Digital Marketing Metrics dalam website diantaranya ada session, yaitu interaksi user dengan website dalam jangka waktu tertentu. Users, yaitu orang yang masuk ke website setidaknya 1 sesi dan new users, jumlah pengunjung website pertama kali dalam periode waktu tertentu.

Kemudian ada Bounce Rate, persentase sesi 1 halaman saat user meninggalkan website tanpa berinteraksi di halaman tersebut. Pageviews per session, rata-rata jumlah halaman yang dilihat dalam 1 sesi. Avg. Session Duration, yaitu berapa lama user menghabiskan waktu di website dalam 1 sesi. Dan yang terakhir adalah Conversion Rate, yaitu persentase sesi yang menghasilkan transaksi.

Social Media Metrics

Untuk social media, digital marketing metrics nya tergantung social media yang digunakan. Tapi rata-rata metricnya seperti followers, likes, impressions atau berapa kali konten kamu tampil di layar, comments, share, save, reach atau jumlah total dari orang yang telah melihat konten kamu, video views, dan link clicks.

Email Marketing Metrics

Sedangkan untuk email marketing, digital marketing metrics nya ada 3, yaitu Click-Through Rate (CTR) yang menandakan performa setiap satu email yang kita kirim. Conversion Rate, menandakan suksesnya email marketing. Bounce Rate, untuk memastikan tidak ada issue dengan email kamu.

Nah itu dia beberapa digital marketing metric yang bisa membantu pekerjaan kamu sebagai digital marketer. Metric ini wajib kamu pelajari karena untuk mengambil sebuah keputusan, seorang digital marketer tidak boleh sembarangan, melainkan harus didukung fakta dan data yang aktual.

Untuk menjadi seorang digital marketer, mengetahui seputar metric saja tidaklah cukup. Kamu harus memperdalam lagi ilmu digital marketing. Kalau kamu bingung harus belajar dari mana dan di mana, kamu bisa ikuti kelas Digital Marketing di Digital Marketing School.

Kamu akan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman dan ahli dibidangnya. Kamu juga bebas bertanya soal apapun lho! Yuk segera daftarkan diri kamu lewat Instagram @digitalmarketingschool.id atau klik di sini.