fbpx

Copywriting Untuk Promosi Makin Powerful dengan 5 Jenis Headline Ini

Copywriting untuk promosi menjadi cara jitu Anda dalam memikat dan menarik minat beli calon customer Anda. Bagaimana caranya Anda dapat memikat mereka menggunakan cara menulis Anda adalah definisi versi mudah dari Copywriting untuk promosi.

Nah bicara soal copywriting, salah satu unsur yang paling penting ada di dalam sebuah tulisan copywriting adalah headline. Headline atau yang lebih dikenal dengan judul adalah teman besar dari tulisan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. Menurut CopyBlogger, 8 dari 12 anak remaja saat ini hanya membaca bagian sebuah tulisan dari headline nya saja.

Ini berarti headline benar-benar bisa menjadi power Anda dalam menarik audiens maupun target pasar dengan cepat. Bahkan, efektivitas sebuah konten ataupun copywriting untuk promosi pun salah satunya ditentukan oleh headline.

Maka dari itu, di artikel ini, kami akan memberikan Anda sedikit hack jenis-jenis headline yang dapat membaut copywriting untuk promosi Anda lebih powerful sehingga mampu berpeluang untuk menarik pelanggan atau audiens tertarget Anda.

Simak ulasan tentang jenis-jenis headline yang akan membuat copywriting untuk promosi Anda makin powerful di bawah ini. Baca sampai habis ya!

Urgent Headline

Jenis headline yang tepat untuk copywriting untuk promosi Anda yang pertama adalah urgent headline. Seperti nama nya, pada jenis headline ini, Anda harus menggunakan kata-kata yang mengandung urgensi yang dapat membuat mereka terpacu untuk meng-klik kontenmu dan membaca nya sampai habis.

Biasanya jenis headline ini digunakan agar audiens tidak merasa FOMO (Fear of Missing Out) sehingga munculah urgensi dimana mereka merasa takut akan ketinggalan akan update tentang sesuatu hal. Setiap kali audiens merasa terdesak, mereka pasti hanya akan membaca headline dari konten tulisan yang Anda naikkan.

Contoh jenis urgent headline diantaranya seperti:

Pebisnis Wajib Tau! Ini Dia Ancaman Resesi Bagi Perkenomian Indonesia

Wajib Save! Ini Cara Ibu Merawat Anak yang sedang gagal ginjal

Adapun tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat copywriting untuk promosi dengan urgent headline seperti melibatkan emsoi audiens (pembaca akun Anda), gunakan kata-kata sakti dalam urgent headline seperti โ€œAwas, Wajib.., Jangan, Penting.., dllโ€

Selective Headline

Jenis headline ini cocok digunakan sebagai copywriting untuk promosi yang tertarget atau menyesuaikan dengan target audiens nya. Disebut selective, dalam jenis headline ini Anda berfokus pada target audiens atau customer dengan golongan yang lebih spesifik.

Seperti contohnya Anda ingin membuat konten diskon dalam rangka merayakan Fatherโ€™s Day, berarti di dalam headline nya, Anda harus menyebutkan kata โ€˜Ayahโ€™ agar konten Anda benar-benar di khususkan hanya satu jenis audiens tertentu saja.

Tips dalam membuat headline jenis Selective adalah menyebutkan satu target audiens atau customer, menggunakan kata-kata sakti seperti โ€œKhusus.., Spesial untuk.., dsbโ€ dan jangan lupa, untuk konten berbentuk diskon, cantumkan juga produk apa yang sedang diberi diskon denan periode waktu berakhir nya ya.

List Headline

Nah, kalo jenis headline ini pasti sudah sering Anda temui di beberapa konten. Ya, List Headline memang sering menjadi andalan dalam membuat headline yang jelas namun tetap mampu menarik audiens/customer yang tertarget.

Jenis headline ini biasanya ditemukan pada artikel atau pun konten soft selling seperti edukasi ataupun tips. Ciri dari jenis headline ini adalah menggunakan angka di setiap awal headline seperi โ€œ9 Tips Mencegah Jerawat dengan Mudah, dsb..โ€

Anda juga bisa menggunakan jenis headline ini sebagai jurus copywriting untuk promosi yang mudah dan powerful. Tips nya selain menyebutkan poin-poin yang Anda akan jelaskan di konten dalam bentuk angka, Anda juga harus mencantumkan keyword yang SEO friendly dan menggunakan benefit yang bisa di dapatkan dari membaca konten Anda.

Benefit Headline

Selanjutnya ada Benefit Headline. Pada jenis headline ini, Anda harus menjelaskan apa saja yang menjadi manfaat (benefit) ataupun keuntungan yang bisa di dapatkan oleh audiens/customer saat membaca kontenmu. Anda benar-benar harus menonjolkan keuntungan yang bisa di dapat oleh pembaca.

Contoh headline dengan menggunakan benefit headline: “Tips Kecilkan Paha Untuk Dapatkan Body Goals, Makan Nasi Lebih Sehat dengan Sorghum dan lainnya..”

Question Headline

Terakhir adalah question headline. Selain List Headline, Question Headline pun dapat menjadi trik Anda dalam menulis copywriting untuk promosi yang mudah namun powerful. Jenis headline ini memiliki ciri mengajukan pertanyaan di headline yang berfungsi untuk mengajar audiens/customer untuk terlibat akan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Tips membuat headline jenis Question ini hanya satu, pastikan pertanyaan yang diajukan berfokus apa yang menjadi masalah atau harapan audiens ya. Jangan sampai melenceng!

Nah, itu dia 5 jenis headline yang bisa Anda gunakan dalam menulis copywriting untuk promosi. Sebelum menulis headline, paham terlebih dahulu setiap jenis headline nya. Lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan seluruh jenis headline ini, supaya headline konten Anda juga lebih variatif dan tidak monoton.

Dapatkan informasi, tips dan edukasi yang bermanfaat seputar Digital Marketing di Digital Marketing School. Jangan lupa untuk ikuti kelas Sertifikasi Digital Marketing bersama BNSP, informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di Instagram kami disini.