Ikuti 5 Langkah Ini agar Berhasil Diterima Sebagai Social Media Specialist

Menjadi seorang Social Media Specialist nggak semudah scrolling-scrolling media sosial saja loh. Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki, seperti menguasai berbagai channel media sosial, memiliki skill komunikasi yang baik, kemampuan dalam menulis, kemampuan storytelling, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga, kalau kamu baru berencana untuk memulai karirmu sebagai Social Media Specialist, kamu perlu langkah yang tepat agar lamaranmu diterima. Lalu apa saja langkah-langkah tersebut? Simak artikel ini sampai akhir ya.

Bangun Personal Brand

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai karir sebagai Social Media Specialist adalah membangun personal brand kamu. Biasanya para recruiter akan mengunjungi media sosial kamu untuk melihat bagaimana caramu membangun personal brand dan mempertimbangkan apakah kamu layak mendapatkan posisi yang mereka cari sebelum melakukan interview.

Maka dari itu, media sosial pribadimu harus kamu jadikan wadah untuk menunjukkan keahlian, keterampilan, kepribadian, dan antusias kamu di bidang media sosial. Kamu bisa membangun personal brandmu dengan buat profil di channel media sosial populer, posting konten yang menarik dan trendi, aktif di media sosial, dan memperbanyak following.

Belajar Secara Otodidak

Langkah kedua, mulailah belajar secara otodidak jika kamu masih ragu untuk mengikuti kursus. Beberapa hal yang perlu kamu pelajari sendiri untuk menjadi Social Media Specialist adalah mencoba beberapa tools yang sering digunakan oleh Social Media, membaca beberapa blog yang memberikan konten informatif, mendengarkan podcast, dan mengikuti seminar atau webinar.

Ikuti Kursus Digital Marketing

Langkah ketiga, kalau kamu sudah yakin untuk fokus berkarir sebagai Social Media Specialist, kamu bisa melanjutkan langkah selanjutnya dengan mengikuti kursus Digital Marketing. Langkah ini sangat efektif untuk mendapatkan ilmu, keterampilan, dan praktik simulasi yang dibutuhkan perusahaan.

Ikuti Perkembangan Trend

Langkah keempat kamu harus up to date dengan perkembangan trend di media sosial, karena berkarir sebagai Social Media Specialist mengharuskan kamu untuk terus mengikuti trend.

Buat Portofolio

Langkah kelima, setelah kamu yakin telah memahami tools dan ilmu tentang media sosial, kamu bisa terjun langsung mempraktekkan ilmu tersebut dalam sebuah project. Project ini nantinya bisa kamu masukkan ke portofolio. Portofolio akan meyakinkan recruiter bahwa kamu memiliki kemampuan yang mumpuni danĀ  layak diterima sebagai Social Media Specialist.

Itu dia lima langkah yang bisa kamu lakukan sebelum melamar jadi Social Media Specialist. Kelima langkah di atas akan menambah peluang kamu untuk diterima kerja.

Sudah yakin untuk mendalami Digital Marketing? Kamu bisa ikut kelas Digital Marketing di Digital Marketing School loh! Di sini kamu bakal bimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya dan bebas bertanya apa pun!

Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu di sertifikasi Digital Marketing lewat website atau sosial media kami.