Jadi Social Media Specialist Handal dengan Kuasai 4 Analytics Tools Ini

Social media adalah salah satu bagian penting dari marketing. Namun, menyusun strategi marketing dan mengelolanya di berbagai platform media sosial sangat melelahkan dan menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, seorang social media specialist sangat membutuhkan tools untuk memudahkan pekerjaannya seperti menghemat waktu, menghemat biaya, dan membantu reputasi brand.

Salah satu tools yang sangat dibutuhkan adalah social media analytic tools. Aplikasi ini digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial. Dengan menggunakannya, social media specialist akan mudah melakukan tracking, mengukur pertumbuhan, dan evaluasi engagement di berbagai media sosial.

Berikut ini adalah beberapa analytic tools yang bisa memudahkan pekerjaan social media specialist.

Creator Studio

Tools tidak hanya dipakai untuk scheduling saja tapi creator studio bisa berfungsi sebagai analytic tools. Terdapat fitur “insight” yang mampu menampilkan data-data analitik yang bisa dianalisis oleh social media specialist. Creator studio ini, memudahkan kamu untuk mengertahui performa konten yang telah kamu publish di Instagram dan Facebook.

Hootsuite Analytics

Hootsuite analytics bisa melacak dan menganalisis performa media sosial. Sangat membantu social media specialist memahami media sosial apa saja yang cocok digunakan dalam bisnismu dan konten apa saja yang bisa menarik perhatian, mendorong engagement, dan memperbanyak audiens. Tools ini bisa bekerja untuk melacak dan menganalisis berbagai platform, seperti Facebook, Twitter, TikTok, LinkedIn, dan Instagram.

Buffer Analyze

Tools yang satu ini banyak digunakan oleh social media specialist. Cara kerja buffer analyze adalah dengan mengumpulkan metrics pada semua platform media sosial yang terhubung. Jika metrics sudah terhubung, kamu bisa mendapatkan gambaran engagement dari masing-masing platform untuk melihat berapa banyak audiens yang melihat konten kamu dan berapa besarnya interaksi yang dilakukan di platform tersebut.

Socialbakers

Socialbakers akan memudahkan kamu mengelola semua platform media sosial yang kamu miliki dengan cara yang mudah dan sederhana. Tools ini mampu mengukur, membandingkan, dan membedakan keberhasilan dari setiap campaign untuk mendapatkan hasil terbaik dan meningkatkan performa kerja akun brandmu.

Keempat tools di atas bisa memudahkan pekerjaan kamu dalam menganalisis kontenmu. Dengan pekerjaan yang mudah, kamu bisa mengerjakan tugasmu dengan cepat dan menjadi social media specialist yang handal.

Kalau kamu tertarik dengan dunia Social Media Specialist dan ingin menambah ilmu lebih dalam lagi, kamu bisa ikuti kelas Social Media di Digital Marketing School lho! Di sini kamu bakal bimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya dan bebas bertanya soal apa pun!

Jadi, kamu tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu di sertifikasi Digital Marketing lewat website atau sosial media kami.