Jangan Melakukan Facebook Ads Sebelum Tahu 3 Hal Ini

Kecewa tidak seorang pun merespons iklan anda? Stok barang menumpuk tapi dompet makin menipis? Beriklan memang cara yang paling efektif untuk memasarkan produk. Namun untuk mencakup pasar yang lebih luas dan menghasilkan iklan yang efektif, Banyak dari pemilik bisnis yang belum tahu apa saja yang harus dilakukan sebelum mengiklankan produknya. Alih – alih ingin mendapatkan keuntungan, yang ada malah mendapatkan kerugian karena iklan tidak berjalan maksimal. Tapi untunglah semua itu bisa diperbaiki. Jika anda ingin mencegah hal yang disebutkan menimpa bisnis anda, maka pastikan membaca postingan ini sampai selesai.

Apa yang membuat Facebook Ads berhasil?

1. Produk yang bagus

Produk yang dijual harus menerapkan konsep QCDS (Quality, Cost, Delivery, dan Service). Yang pertama adalah Quality dimana kita harus memperhatikan apakah produk sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh customer, Yang kedua adalah Cost, harga harus dapat bersaing dengan produk kompetitor. Ketiga adalah delivery / kecepatan pengiriman. Pengiriman juga dapat menentukan keberhasilan suatu produk. Jika dalam waktu tertentu kita tidak bisa menyediakan produk yang ingin kita pasarkan, Pelanggan bisa saja beralih ke produk lain. Terakhir adalah Service, yang berarti pelayanan kita terhadap permintaan-permintaan pelanggan dengan respon yang cepat.

2. Audiens yang tepat

Kunci dari iklan Facebook adalah penargetan. Facebook memiliki penargetan iklan terbaik dari situs manapun. Penargetan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan super spesifik tentang apa yang dijangkau oleh iklan Anda. Misalnya Jika Anda menjual pot bunga , Anda dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan tanaman, dan perkebunan. Ada beberapa cara untuk menargetkan iklan di Facebook:

  • Custom Audience – memungkinkan Anda menargetkan pelanggan atau prospek yang ada
  • Location – memungkinkan Anda untuk menargetkan berdasarkan lokasi (kota, provinsi, negara)
  • Gender – memungkinkan Anda untuk menargetkan berdasarkan jenis kelamin (pria atau wanita)
  • Interests – memungkinkan Anda untuk menargetkan berdasarkan minat (seperti kebugaran, kewirausahaan, mode, sastra)
  • Behaviours – memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perilaku masa lalu, seperti seseorang yang mengunjungi situs web Anda
  • Connections – memungkinkan Anda untuk menargetkan oleh orang-orang yang sudah menyukai halaman Anda, atau yang memiliki koneksi

3. Konten Menarik

Konten menarik dapat diartikan sebagai visual yang eye-catching dan caption yang informatif dan juga menjual. Tak lupa cantumkan CTA (Call to Action).  tanpa CTA , tidak akan menghasilkan apa-apa karena audiens tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tambahkan CTA seperti “Beli sekarang dan dapatkan diskon 25%” atau “Penawaran segera berakhir” untuk menambahkan rasa urgensi untuk target iklan Anda. CTA harus mendorong orang untuk meng-klik iklan Anda saat itu juga.