Jenis SEO yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu baru terjun ke dunia digital marketing? Pasti nggak asing dengan SEO. SEO merupakan praktik optimasi website agar mendapat ranking teratas dihasil pencarian Google. SEO ini tidak hanya ada satu, melainkan terbagi menjadi beberapa jenis.

Beberapa jenis SEO ini wajib Kamu ketahui sebagai pemula di dunia digital marketing. Apa saja jenis-jenisnya? Simak artikel ini sampai akhir ya!

On Page SEO

Pertama adalah on page SEO. Jenis SEO ini berfokus pada optimalisasi konten yang ada dalam website bisnis. Cara kerjanya mengoptimalkan dari struktur artikel hingga topik artikel. SEO ini “mengulik” keyword dengan mendalami riset tentang tren, optimalisasi header, tittle, fitur image, meta description, dan lain-lainnya.

Off Page SEO

Jenis SEO yang kedua adalah Off Page SEO atau SEO yang berfokus pada optimalisasi elemen yang biasanya tidak terdapat di dalam website. Cara kerja SEO ini adalah meningkatkan kualitas SEO yang berada di luar website. Contohnya jumlah dan kualitas tautan atau link yang memuat link website perusahaan.

Technical SEO

Ketiga adalah technical SEO. Jenis SEO ini memicu tindakan yang bisa membantu mesin pencari mengaitkan website bisnismu dan meningkatkan UX atau user experience.

Technical SEO terbagi menjadi dua yaitu crawling dan indexing. Crawling merupakan sebuah proses ketika mesin pencarian mencari dan memindai konten yang berada di website. Sedangkan indexing merupakan tahapan ketika mesin pencarian seperti Google memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan pada proses crawling.

Cara kerja technical SEO adalah membuat website dengan UX yang bagus misalnya website yang ringan untuk diakses, desain UI yang friendly, dan menu yang tidak berbelit-belit.

Local SEO

Jenis SEO yang keempat atau terakhir adalah local SEO atau teknik digital marketing yang berada di balik daftar restoran, sekolah, rumah sakit, tempat senam, dan tempat lainnya yang terdekat dengan lokasimu.

Cara kerja SEO ini adalah meningkatkan kualitas SEO website agar lebih ‘diketahui kehadirannya di komunitas daerah tertentu dan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal dengan memberikan foto produk, alamat, jam operasional dan ulasan pelanggan.

Dalam dunia digital marketing, SEO memiliki pengaruh yang krusial. Sehingga sebelum terjun jauh ke soal teknis, tips, dan triknya, ada baiknya Kamu pahami dulu jenis-jenis SEO ya.

Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat dan ingin mengetahui lebih dalam soal Digital Marketing, Kamu bisa ikutin kelasnya di Digital Marketing School! Ada dua sertifikasi yang bisa kamu ikuti, yaitu Sertifikasi Digital Marketing dan Social Media. Program ini menghasilkan sertifikat resmi dari BNSP. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi website dan follow sosial media kami ya!

Post a Comment