fbpx
storytelling marketing

Kenali Storytelling Marketing untuk Sentuh Emosi Pelanggan

Storytelling marketing merupakan penggunaan cerita untuk mengomunikasikan pesan agar pelanggan merasakan sesuatu dari cerita tersebut. Tujuannya untuk memengaruhi tindakan pelanggan yang tidak lain adalah membeli sebuah produk.

Ceritanya bisa dibuat dengan menggabungkan fakta dan bumbu imajinatif untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Asal tidak keluar dari sebuah cerita yang baik, yaitu cerita yang menghibur, mengedukasi, dapat dipercaya, relatable, terorganisir, dan mudah diingat atau memorable.

Storytelling ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti iklan dan konten di media sosial. Dalam pembuatan ceritanya, kamu bisa memilih sudut pandangnya sesuai dengan tipe storytelling marketing. Apa saja tipe storytelling marketing itu? Simak artikel ini sampai akhir.

Brand Stories

Storytelling marketing ini menggunakan cerita atau narasi kreatif untuk menghubungkan brand dengan pelanggan. Biasanya narasi ini menghubungkan misi brand dengan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tertarik dan percaya dengan brand tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan sejarah, inspirasi, tujuan, dan layanan perusahaan untuk menciptakan sebuah cerita yang kuat. Menggunakan teknik ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, membangkitkan kesadaran merek, dan juga meningkatkan penjualan.

Product or Service Stories

Jika sebelumnya cerita berpusat kepada brand, storytelling marketing selanjutnya berpusat kepada produk atau servis yang ditawarkan. Storytelling ini bertujuan agar pelanggan  dengan mudah mengenali produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam narasi ceritanya nya, kamu bisa menghadirkan cerita alasan perusahaan membuat produk tersebut, perjuangan unik yang dihadapi ketika menciptakan produk ini, dan juga perubahan yang terjadi di kehidupan konsumen setelah menggunakan produk kamu.

Customer Stories

Berbeda dengan storytelling marketing sebelumnya, storytelling ini berpusat kepada pengalaman pelanggan. Customer stories berisikan testimoni dari konsumen selama mereka menggunakan produk dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan mereka. Tujuan cari storytelling ini adalah membuat pelanggan percaya akan produk kamu.

Ketiga tipe storytelling marketing di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakannya secara bergantian agar storytelling bervariasi.

Kalau kamu ingin memperdalam dunia marketing, kamu bisa ikuti kelas Digital Marketing di Digital Marketing School! Hubungi segera admin kami di DM Instagram, atau klik di sini.