konten interaktif

Naikkan Interaksi Followers dengan Konten Interaktif

Mempunyai banyak followers di Sosial Media merupakan impian dari setiap konten kreator. Tetapi, kuantitas followers aja belum tentu bikin interaksi pengguna sosial media berjalan dengan baik. Mencari strategi efektif untuk meningkatkan interaksi followersmu di sosial media tetap harus kamu lakukan. Kamu bisa mempertimbangkan tipe konten apa yang harus kamu buat agar interaksi followers di sosial mediamu selalu meningkat. Saat ini, ada banyak sekali tipe konten yang bisa kamu pilih untuk menghiasi sosial media. Salah satunya Konten Interaktif. Seperti apa konten interaktif yang bisa meningkatkan interaksi followers? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Konten Interaktif?

Konten interaktif merupakan tipe konten yang memberikan ruang kepada audiens untuk berpartisipasi secara aktif pada konten yang kamu buat. Konten ini tidak hanya memuat teks atau gambar tetapi juga melibatkan video interaktif, animasi, tanya jawab, dan games. Membagikan konten kreatif akan memberikan insight yang lebih luas bagi audiens dan bisa memotivasi serta mengikat mereka secara emosional dengan keuntungan yang akan mereka dapatkan ketika berpartisipasi dalam konten yang kamu buat.

Seberapa Penting Konten Interaktif dalam Meningkatkan Interaksi Audience?

Semakin interaktif konten yang kamu buat, semakin kuat pula relationship yang akan terbangun antara kamu dengan audiens. Dengan begitu, menciptakan konten interaktif menjadi sangat penting untuk meningkatkan interaksi dengan followers. Tipe konten ini juga memberikan kebebasan kepada followers untuk berpartisipasi aktif dalam konten yang kamu buat. Mereka tidak hanya mendapatkan informasi atau menjadi viewers pasif dalam kontenmu, tapi mereka bisa menjadi bagian dari konten, mengambil pelajaran dan menjadikan konten mu sebagai hiburan yang lebih bermakna. Selain itu, melibatkan audiens dalam konten interaktif juga akan memudahkan kamu dalam menyampaikan isi konten agar lebih berkesan. Menciptakan konten interaktif juga akan membuat followers mu akan selalu menantikan konten berikutnya agar mereka bisa terus berpartisipasi aktif dalam konten yang juga bisa memberikan keuntungan bagi mereka seperti Giveaway.

Apa Saja Contoh Konten Interaktif?

Kamu bisa menciptakan ide konten interaktif yang beragam, mulai dari Giveaway, Kuis, Konten Q&A, Meme, Polling, atau membuat konten interaktif seputar produk. Ide konten tersebut dapat meningkatkan interaksi followers secara penuh karena selain bisa berpartisipasi dalam konten, mereka juga akan memperoleh banyak keuntungan berupa imbalan berupa produk atau uang tunai. Kamu juga harus pandai menentukan syarat agar audiens tertarik untuk berpartisipasi aktif dalam kontenmu, seperti dengan berkomentar, membagikan ulang postinganmu, atau like dan follow. Beberapa platform sosial media juga biasanya sudah menyediakan fitur yang akan membantumu untuk membuat konten interaktif, seperti instagram yang menyediakan fitur Q&A.

Tips Membuat Konten Interaktif

Membuat konten interaktif juga memerlukan beberapa trik agar konten yang kamu buat selalu mendapatkan engagement yang tinggi dari followers. Kamu bisa menyesuaikan trik ini dengan ide konten yang kamu buat. Selain itu, menambahkan visual yang menarik juga penting agar followers tidak mudah bosan dengan konten yang kamu berikan. Kamu juga bisa membuat variasi ide konten yang telah kamu ketahui sebelumnya agar kontenmu tidak monoton. Yang tak kalah penting, banyak belajar dari konten serupa yang sukses bisa kamu lakukan agar kamu bisa mempunyai referensi yang baik untuk menciptakan ide konten selanjutnya.

Gimana, kamu dapet insight baru nggak nih buat bikin konten interaktif? Konten yang bisa ningkatin interaksi followers karena mereka akan terlibat secara langsung dengan konten yang kamu sajikan. Untuk kamu yang ngerasa masih haus pengetahuan untuk mengembangkan ide konten sosial media, gabung di Bootcamp Social Media Specialist Digital Marketing School yuk!

Melalui program ini, kamu akan memperoleh modul lengkap seputar Content Creative Guideline dan pastinya akan mendapatkan banyak sekali ilmu dari professional Sosial Media Specialist. Inget ya, kuotanya terbatas! Daftar disini atau DM ke Instagram kita! Kita tunggu ya!