user generated content

Raih Kepercayaan Konsumen dengan Maksimalkan User Generated Content

Sebagai pembuat konten, pasti kamu pernah merasakan kehabisan ide. Salah satu siasat yang bisa kamu pakai adalah dengan memanfaatkan User Generated Content (UGC). UGC adalah semua konten yang dibuat oleh user atau pengguna dari produk kamu. Mulai dari gambar, video sampai testimoni. Jadi, bukan kamu yang melakukan pemasaran, tapi pelangganlah yang melakukan pemasaran produk kamu dengan sukarela.

UGC ini salah satu strategi dengan efek positif karena mampu membuat konsumen lebih percaya terhadap produk kamu. Cara membuat UGC memang mudah karena kamu tinggal mengumpulkan postingan dari pelanggan kamu. Tapi untuk maksimalkan user generated content, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Meminta Izin

Sebelum menggunakannya, mintalah izin kepada pengguna. Kamu bisa mengirim email, meninggalkan komentar di postingan mereka atau mengirimkan pesan lewat DM. Selain itu untuk maksimalkan user generated content, jangan lupa untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai dan memuji konten mereka.

Menggunakan UGC begitu saja tanpa izin pengguna akan meninggalkan kesan buruk bagi para mengguna karena kamu sama dengan mencuri hasil kreasi pengguna.

Mencantumkan Sumber

Meskipun kamu sudah meminta izin, maksimalkan user generated content dengan tetap mencantumkan sumber. Kamu bisa tag akun media sosialnya, atau sekadar menyebut namanya secara langsung.

Hal ini sebagai bentuk kamu menghargai pembuat konten. Mereka juga menjadi lebih semangat menggunakan produk kamu. Kamu juga sekaligus meyakinkan konsumen kamu bahwa konten tersebut benar-benar buatan pengguna.

Mempelajari UGC yang Dikumpulkan

Maksimalkan user generated content kamu dengan memanfaatkannya sebagai riset pasar. Kamu bisa melihat dan menganalisa UGC yang masuk. Dari sana kamu akan tahu kebiasaan pelanggan yang bisa kamu manfaatkan untuk strategi marketing lainnya.

Itulah beberapa langkah untuk maksimalkan user generated kamu. Dengan memaksimalkan UGC, produk kamu akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan.

Mau strategi marketing lainnya? Yuk ikut kelas Digital Marketing di Digital Marketing School! Di sini kamu akan dibimbing oleh mentor berpengalaman lho. Segera daftarkan diri kamu di sini atau DM IG kami.