Program Profesional
Marketplace Specialist
A to Z nya jualan di Marketplace
Di kelas ini akan dibahas lengkap untuk para pengusaha retail yang mengandalkan Marketplace sebagai ladang cuan. Ternyata banyak juga yang perlu di perhatikan dalam mengelola marketplace, dari mulai menyiapkan toko, sampai mendatangkan pembeli, semua ada strateginya.
Dari 64,2 juta UMKM saat ini, baru sekitar 27 juta yang sudah mulai masuk ke dalam ekosistem digital. Masalahnya, hampir 50% UMKM belum berkualitas dan tidak mampu bertahan di e-Commerce. Sementara fitur dan layanan marketplace semakin berkembang dan memberikan banyak peluang untuk optimalisasi usaha UMKM.
Workshop ini akan membantu UMKM dalam menangkap peluang dan melakukan optimalisas usaha di marketplace.
Lama Program: 5 Minggu
Kelas Dimulai : 16 Juli 2024
Jumlah Sesi: 2 sesi /minggu
Waktu Kelas: 19.00 – 20.30
Online Class
- 10 Sesi Training
- 1 Sesi Presentasi
- Live class
- Template / Kertas Kerja Training
- Akses ke materi dan rekaman kelas
- Group Community
- one-on-one mentoring
Modul Marketplace Specialist
Digital Business Strategy
- Pengantar tentang peluang bisnis digital
- Tren e-commerce global dan lokal
- Identifikasi pasar potensial dan ceruk pasar
- Studi kasus keberhasilan bisnis digital
Strategi Harga
- Pengertian dan pentingnya strategi harga
- Metode penetapan harga (cost-plus, competitive pricing, value-based pricing, dll.)
- Strategi diskon dan promosi harga
- Analisis sensitivitas harga
Riset Product Juara
- Teknik riset produk yang laris di marketplace
- Alat dan sumber daya untuk riset produk (Google Trends, Keyword Planner, alat analitik marketplace)
- Analisis pesaing dan penawaran produk
- Strategi pengembangan produk berdasarkan hasil riset
Membangun Funnel Marketplace
- Konsep dan pentingnya funnel dalam penjualan
- Tahapan funnel (awareness, interest, decision, action)
- Strategi dan alat untuk membangun funnel yang efektif
- Studi kasus funnel sukses di marketplace
Management Toko Online
- Pengelolaan inventaris dan stok
- Manajemen pesanan dan pengiriman
- Optimisasi toko online untuk pengalaman pengguna
- Layanan pelanggan dan manajemen ulasan
Shoppe Ads & Tokopedia Ads
- Pengenalan dan manfaat iklan di Shopee dan Tokopedia
- Cara membuat dan mengelola kampanye iklan
- Teknik optimisasi iklan untuk hasil maksimal
- Analisis performa iklan
Meta Ads CPAS
- Pengertian dan keuntungan menggunakan Meta Ads CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution)
- Cara mengintegrasikan Meta Ads dengan marketplace
- Strategi pembuatan kampanye iklan yang efektif
- Studi kasus dan analisis performa kampanye
Analisa Performa Toko Online
- Pentingnya analisis data dalam pengelolaan toko
- Alat analitik yang digunakan di marketplace
- Metode analisis performa (penjualan, konversi, traffic, dll.)
- Strategi peningkatan performa berdasarkan analisis data
Strategi Live Shopping
- Konsep dan keuntungan live shopping
- Persiapan dan peralatan untuk live shopping
- Teknik presentasi produk yang menarik saat live
- Studi kasus dan strategi sukses live shopping
Tools yang akan
dipelajari
Mentor pilihan, berpengalaman lebih dari 5 tahun (Level Senior Manager).
Tri Utomo, MBA
Business Coach
Founder Kobe Global Internasional manufacture, Coach Behavior Analysis, Columbia Business School major in Digital Marketing. Business Lecture di SBM ITB & Unpad Bandung.
Abi Sapta, MMSI
Digital Strategist
Digital Strategist at TUW Digital, bertanggung jawab dalam menangani strategy pertumbuhan bisnis klien, berskala nasional dan international.
Zaki Makarim
Performance Marketer at Haquhara
Fulltime, Berpengalaman dalam menggunakan CPAS untuk meningkatkan omzet di marketplace.
Nurizky Triani
Marketing Strategist at AOneSchool
Bertugas melakukan research dan development strategi, yang berguna untuk mengembangkan pasar.
Chintya Irene
Tiktok & Live Specialist
Mengelola dan Merencanakan Strategi Live Streaming untuk Meningkatkan Penjualan di Social Commerce (TikTok) dan Marketplace (Shopee).
Testimoni Peserta
Toko Online yang pernah ikut kelas ini.
Pendaftaran akan segera ditutup
2024/07/13 11:34:12