Buat UMKM Semakin Terkenal dengan Membangun Online Presence
Online presence merupakan keberadaan bisnis di platform online. Ini mencakup berbagai elemen seperti website, media sosial, iklan digital, konten online, dan ulasan pelanggan. Dalam konteks UMKM, online presence menjadi semacam “identitas digital” yang mencerminkan siapa kamu sebagai pebisnis, produk apa yang kamu tawarkan, dan bagaimana cara kamu berinteraksi dengan pelanggan di dunia maya.
Saat ini, keberadaan bisnis di online bukan lagi sekadar pilihan, tetapi suatu keharusan bagi UMKM yang ingin tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, penting untuk kamu sebagai pebisnis membangun online presence yang efektif untuk UMKM. Berikut adalah yang bisa kamu jalankan untuk membangun online presence.
Buat Website yang Menarik
Website adalah titik awal untuk membangun online presence. Pastikan websitemu menampilkan informasi lengkap tentang bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan, alamat dan kontak, serta testimoni dari pelanggan. Pastikan tampilan website menarik dan responsif di berbagai perangkat.
Manfaatkan Media Sosial
Aktif di media sosial merupakan kunci untuk membangun online presence yang kuat. Identifikasi platform media sosial yang paling relevan untuk bisnismu dan gunakan secara konsisten. Buat konten yang menarik dan berinteraksi dengan pelanggan secara aktif.
Optimalkan SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin telusur. Dengan mengoptimalkan SEO, websitemu memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Maka untuk membangun online presence, kamu perlu mengoptimalkan SEO.
Gunakan Konten Menarik
Konten kreatif dan menarik seperti gambar, video, dan posting blog dapat membantu membangun engagement dengan audiensmu. Buat konten yang relevan dengan bisnismu dan menarik minat pelanggan untuk berinteraksi lebih lanjut untuk membangun online presence.
Analisis dan Tinjau Hasil
Untuk membangun online presence, kamu perlu melakukan analisis secara teratur untuk melihat performa online presence bisnismu. Tinjau data dan statistik untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan tidak berhasil, sehingga kamu dapat mengoptimalkan strategi dan meningkatkan online presence secara keseluruhan.
Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu akan bisa membangun online presence yang efektif untuk bisnismu.
Tidak hanya membangun online presence, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnismu semakin terkenal. Cara lainnya bisa kamu dapatkan dengan ikuti kelas Di kelasnya, kamu akan dibimbing oleh para mentor yang sudah berpengalaman dibidangnya. Jadi kamu bebas bertanya soal apapun!
Daftar kelasnya sekarang ya sebelum kuotanya habis! Klik di sini atau DM Admin Instagram kami untuk informasi selengkapnya.