Pentingnya Micro Moment untuk Maksimalkan Marketing Bisnis

Di era yang serba digital ini, semuanya menjadi sangat mudah ketika ingin mencari informasi baru melalui smartphone atau perangkat lainnya. Hal ini juga ternyata memengaruhi perilaku konsumen dalam konteks pemasaran, sehingga muncul apa yang kita sebut dengan micro moment. Lantas, apa itu micro moment? Dan apa pentingnya bagi pemasaran?

Apa itu Micro Moment?

Micro moment adalah momen ketika seseorang secara “random” membuka perangkat mereka (kebanyakan smartphone) untuk mencari sesuatu, mempelajari sesuatu, ingin melakukan sesuatu, atau membeli sesuatu. Saat momen ini, ekspektasi seseorang cenderung akan lebih tinggi terhadap apa yang diinginkannya. Dalam konteks marketing misalnya ekspektasi customer terhadap suatu brand. Keadaan zaman sekarang yang serba mudah akibat dari perkembangan digital menjadikan habit orang-orang untuk ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan mereka segera.

Apa Pentingnya Bagi Pemasaran?

Bayangkan ketika customer sedang berada dalam keadaan momen ini, dan customer tersebut ternyata sedang mencari atau bahkan ingin membeli suatu produk yang brand kamu juga tawarkan. Namun, ternyata brand kamu tidak siap untuk memberi cukup informasi yang customer kamu butuhkan, dan akhirnya ia beralih ke kompetitor kamu yang lebih siap. Tentunya, kejadian tersebut sangat merugikan penjualan produk kamu. Itulah mengapa micro moment menjadi hal yang patut kamu perhatikan.

Hal Dasar Seputar Micro Moment

Menyadur dari thinkwithgoogle.com, terdapat 4 dasar micro moment yang berpotensi untuk memberi perubahan besar terhadap marketing kamu, yaitu sebagai berikut.

  1. I-want-to-know moments, yaitu keadaan ketika seseorang ingin mencari atau mengeksplor sesuatu, tetapi tidak sedang ingin melakukan pembelian.
  2. I-want-to-go moments, yaitu ketika seseorang hendak mencari toko yang berada di daerah yang dekat dengannya dan ingin membeli produk dari toko tersebut.
  3. I-want-to-do moments, yaitu ketika seseorang sedang membutuhkan solusi dalam melakukan suatu pekerjaan, atau saat ingin mengerjakan sesuatu yang baru.
  4. I-want-to-buy moments, yaitu keadaan saat seseorang hendak membeli suatu produk, dan mungkin sedang mempertimbangkan produk mana yang mau ia beli atau cara membeli produknya.

Poin-poin tersebut bisa kamu jadikan dasar untuk memaksimalkan marketing bisnis kamu agar lebih unggul dari para kompetitor. Meski micro moment memang biasanya terjadi secara “random”, tapi momen tersebut nyatanya bisa terukur juga, yang artinya kamu bisa menyusun strategi pemasaran dengan memperhatikan momen tersebut pada customer.

 

Untuk melakukan itu, pastinya kamu perlu lebih dalam mengenal bagaimana cara menyesuaikannya dengan marketing bisnis kamu. Saat inilah kamu perlu mengikuti kelas Digital Marketing School. Apa itu Digital Marketing School? Digital Marketing School adalah tempat kamu bisa mempelajari segala hal terkait bisnis digital mulai dari Social Media Management, Optimasi Instagram untuk Bisnis, Penguasaan Copywriting, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya lagi, atau info-info menarik dan up-to-date lainnya kamu bisa klik DI SINI.

Follow instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk info seputar digital marketing dan bisnis.

[super_form id=”14361″]

Post a Comment