Optimasi SEO Melalui Research Keyword dengan 5 Tools Ini

Research Keyword merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam optimasi SEO. Saat ini, ada banyak sekali tools untuk Research keyword yang bisa kamu gunakan. Mencari kata kunci yang tepat ini memang sangat penting agar kamu bisa memahami apa yang sebenarnya audiens cari. Dengan kata lain, riset keyword ini akan memberikanmu insight untuk memilih kata kunci apa yang memiliki potensi untuk mendatangkan banyak pengunjung ke laman websitemu. Berikut adalah 5 tools untuk research keyword yang bisa kamu akses secara gratis!

Google Keyword Planner

Tools untuk research keyword keluaran Google ini merupakan tools yang terkenal karena efektif untuk membantu optimasi SEO dalam meningkatkan kualitas konten yang dibuat. Kamu bisa menggunakan dua fitur utama dalam Google Keyword Planner, yaitu Discover New Keyword untuk menemukan kata kunci baru dan Get Search Volume and Forecast untuk melakukan riset keyword yang digunakan pada website. Kedua fitur tersebut juga bisa kamu gunakan untuk memasukkan kata kunci tertentu agar kamu bisa menemukan kata kunci yang relevan, rata-rata volume pencarian dan kompetitor yang menggunakan kata kunci yang sama. Selain itu, tools ini juga berada dalam layanan Google Ads, sehingga kamu pun bisa memanfaatkan tools untuk research keyword ini dalam melakukan riset keyword untuk kebutuhan iklan. Jadi, Google Keyword Research sangat cocok untuk melakukan riset kata kunci dengan efektif serta untuk merencanakan penggunaan Google Ads.

Google Trends

Sama halnya dengan Google Keyword Planner, platform gratis milik Google ini juga bisa menyajikan data terkait kata kunci populer, menambah referensi keyword baru, membandingkan performa kata kunci secara historis, serta mengetahui marketplace yang potensial untuk kata kunci tertentu. Tidak hanya menyajikan data dari web saja, tools untuk research keyword ini juga menyajikan data keyword spesifik dari Google search, Google image, Google News dan Youtube.

Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools untuk Research Keyword serbaguna yang bisa membantu optimasi SEO secara on page maupun off page. Dengan tiga fitur yang disediakan, neilpatel.com berhasil mengembangkan tools ini sebagai tools untuk research keyword yang efektif untuk mendukung strategi iklan dengan memberikan informasi rinci terkait ads, paid search dan analisis kompetitor. Tiga fitur yang disediakan Ubersuggest sebagai tools untuk research keyword adalah:

  • Keyword Analyzer yang berfungsi untuk menganalisis efektifitas sebuah keyword, merekomendasikan kata kunci yang relevan dan menampilkan laporan performa keyword.
  • Competitive Analysis yang berfungsi untuk membandingkan data SEO dari beberapa kompetitor sekaligus.
  • SEO Explorer yang berfungsi untuk menganalisis SEO On Page, memberikan informasi backlink dan merangkum informasi tentang SEO Sebagai tools untuk research keyword, Ubersuggest bisa memberikan data keyword yang detail, termasuk ide keyword dan list keyword, memberikan laporan umum terkait keyword seperti historis volume pancarian, tingkat kesulitas SEO, CPC, dan paid difficulty serta memberikan rincian traffic berdasarkan keyword yang digunakan.

SEMrush

Tools untuk research keyword yang satu ini dikenal mampu menjawab kebutuhan yang lebih luas terkait online marketing. SEMrush bisa memberikan data analisis yang lengkap dalam bentuk tabel yang ringkas. Selain itu, tools ini juga sangat cerdas dan terstruktur sehingga memudahkan penggunanya baik yang pemula maupun yang sudah handal di bidang digital marketing. Sebagai alat riset kata kunci, SEMrush sudah menyediakan fitur Keyword Research yang berguna untuk merangkum keyword yang relevan dan memberikan saran traffic organic untuk situsmu. Kamu juga bisa melihat performa SEO On Page dengan fitur On Page & Technical SEO yang disediakan oleh tools ini.

Wordtracker

Wordtracker menjadi salah satu tools untuk research keyword yang menyediakan analisis kata kunci yang komprehensif serta dapat membantu kamu dalam menentukan kata kunci yang relevan dan potensial untuk audiens. Sama seperti beberapa tools untuk research keyword lainnya, tools ini juga bisa menyajikan data keyword yang digunakan oleh kompetitor, menampilkan volume pencarian kata kunci, menawarkan saran kata kunci yang relevan dengan audiens, menganalisis trend kata kunci yang bisa kamu gunakan dalam jangka panjang, serta bisa mendukung strategi konten yang akan kamu lakukan dari memahami pemilihan kata kunci yang tepat.

Itu dia beberapa tools untuk research keyword yang bisa kamu gunakan secara gratis serta bisa mengoptimalkan SEO. Ingat ya, keberhasilan konten yang kamu buat tergantung pada kata kunci yang kamu gunakan. Untuk kamu yang ingin mengoptimalkan SEO dengan strategi lain, kamu bisa ikuti Program Sertifikasi Digital Marketing di Digital Marketing School. Melalui program ini, kamu bisa meningkatkan skill untuk menjadi seorang Digital Marketer handal dengan memahami konteks bisnis, audiens, dan yang terpenting bisa menyusun strategi digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Klik disini atau DM admin kita di Instagram untuk info lebih lanjut!