Riset Pasar dengan B-F-G, bikin konsumen makin cinta sama produknya

Riset Pasar dengan B-F-G, bikin konsumen makin cinta sama produknya

Di dunia bisnis kamu pasti harus mikirin gimana biar produk atau jasa yang kamu jual laku, dong. Nah, biar bisnis kamu berkembang kamu harus tahu dulu target pasar dari bisnis kamu dengan cara riset pasar.

B-F-G adalah singkatan dari Benefit, Feeling, dan Goal. Ketiga elemen ini adalah kerangka kerja yang sering dipakai buat riset pasar biar kita paham motivasi dan perilaku konsumen. Biar makin paham soal B-F-G ini, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Penjelasan elemen B-F-G

Benefits wages salary advantage income

Benefit (Manfaat):

Benefit atau manfaat itu adalah keuntungan yang diharapkan konsumen dari suatu produk atau layanan. Manfaat bisa bersifat fungsional (kayak, produk yang tahan lama) atau emosional (kayak, produk yang bikin pengguna ngerasa percaya diri). Riset pasar bertujuan buat identifikasi manfaat utama yang dicari konsumen dan gimana produk atau layanan bisa memenuhin kebutuhannya.

Feeling (Perasaan):

Feeling atau perasaan adalah emosi yang dirasa konsumen waktu pakai produk atau layanan. Perasaan bisa bersifat positif (kayak, senang, puas) atau negatif (kayak, frustrasi, kecewa). Riset pasar bisa bantu mahamin gimana perasaan konsumen ke suatu produk atau layanan dan faktor apa yang mempengaruhinya.

Goal (Tujuan):

Goal atau tujuan adalah apa yang ingin dicapai konsumen dari pakai produk atau layanan. Tujuan bisa bersifat praktis (kayak, nyelesaiin tugas biar lebih efisien) atau personal (kayak, ningkatin citra diri). Riset pasar bisa identifikasi tujuan utama konsumen dan gimana produk atau layanan bisa bantu mereka tujuan itu.

Manfaat Memahami B-F-G

Face Expressions Illustrations Emotions Feelings

Mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik: Kalau kamu paham konsep B-F-G, bisnis kamu bisa ngembangin produk dan layanan yang lebih sesuai sama kebutuhan dan keinginan konsumen.

Meningkatkan strategi pemasaran: Paham konsep B-F-G membantu bisnis bikin pesan pemasaran yang lebih resonan sama target konsumen.

Memperkuat hubungan dengan konsumen: Paham konsep B-F-G bisa bantu bisnis kamu buat ngebangun hubungan yang lebih kuat sama konsumen dengan nunjukin bahwa kamu paham kebutuhan dan keinginan mereka.

Contoh Penerapan B-F-G dalam Riset Pasar

Agenda with dartboard and magnifier

Survei: Tanya konsumen tentang manfaat yang mereka harap, perasaan mereka waktu pakai produk, dan tujuan mereka pakai produk.

Kelompok fokus: Diskusiin konsep B-F-G secara lebih dalam bareng sekelompok kecil konsumen.

Analisis data online: Analisis ulasan dan komentar online biar lebih paham B-F-G konsumen.


Paham konsep B-F-G itu penting dalam riset pasar buat paham motivasi dan perilaku konsumen. Kalau kamu paham B-F-G, bisnis bisa ngembangin produk dan layanan yang lebih baik, ningkatin strategi pemasaran, dan memperkuat hubungan sama konsumen.

Kalo kamu yang masih bingung doal urusan social media marketing dan digital marketing, Digital Marketing School solusinya! Disini kamu bisa ikut kelas-kelas yang buat meningkatkan pengetahuanmu tentang social media dan digital marketing. Daftar sekarang juga, ya!

Post a Comment