Strategi Digital Marketing untuk UMKM agar Bisnis Cepat Dikenal Pelanggan
Seiring dengan meningkatnya kegiatan belanja online di Indonesia, tren digital marketing semakin diminati oleh para pelaku usaha. Digital marketing dinilai lebih efektif karena punya nilai fleksibel, yaitu bisa dikerjakan di rumah dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal.
Nah karena tidak perlu modal yang besar, digital marketing ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Lalu bagaimana strategi digital marketing untuk UMKM agar bisnis cepat dkenal pelanggan? Yuk, simak ulasan berikut.
Buat Akun Google My Business
Google My Business merupakan fitur gratis untuk menampilkan nama bisnis serta lokasinya di internet. Strategi digital marketing ini bisa kamu terapkan untuk bisnis mu agar para pelanggan mengetahui keberadaan bisnis mu dan yakin bahwa tokomu bukanlah toko fiktif. Fitur ini juga dapat menambahkan penilaian seputar produk dan pelayanan yang kamu berikan selama mereka mereka berbelanja.
Promosi Lewat Media Sosial
Promosikan bisnismu lewat social media seperti Facebook dan Instagram. Strategi digital maketing ini memiliki 2 tipe promosi yang bisa kamu pilih, yaitu promosi organik yang gratis atau iklan berbayar.
Kalau kamu memilih promosi organik, kamu harus membuat konten dan mengunggahnya secara berkala agar pelanggan percaya untuk berbelanja di tokomu. Tapi jika kamu memilih iklan berbayar, kamu harus menentukan target pasar dan menyiapkan bugdet yang disesuaikan dengan jumlah pelanggan yang ingin kamu capai. Ini menjadi strategi digital marketing untuk UMKM yang terjangkau dan lebih tertarget.
Endorsement
Strategi digital marketing untuk UMKM lainnya adalah endorsement atau kerjasama dengan KOL maupun influencer. Kalau barang jualanmu bersifat spesifik dan hanya dipakai oleh kalangan tertentu, cobalah untuk bekerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL) karena mereka merupakan expert di suatu bidang atau profesi, sehingga opininya sudah pasti didengar dan dapat dipercaya.
Sedangkan kalau barang jualanmu sifatnya umum dan dapat dipakai oleh semua kalangan, lebih cocok untuk dipromosikan oleh influencer. Alasannya karena pekerjaan mereka fokus pada pembuatan konten untuk menambah jumlah followers.
Bangun Website
Strategi digital marketing untuk UMKM selanjutnya adalah membangun website untuk mengembangkan bisnis. Jangan merasa ini akan merepotkan, karena kamu bisa mencari jasa pembuatan website di internet.
Website memiliki server 24 jam di mana pembeli dapat bertransaksi kapan saja dan kamu sebagai penjual tidak perlu bangun malam untuk melayani orderan. Kamu bisa cek riwayat pesanan dan mengirimkannya di hari berikutnya. Website ini akan membuat websitemu terlihat profesional dan kredibel meskipun tidak punya tokok offline yang besar.
Strategi digital marketing untuk UMKM ini dapat kamu terapkan agar bisnis cepat di kenal oleh pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang tahu soal bisnismu, makan semakin besar peluang bisnismu naik profit.
Masih merasa informasinya belum cukup? Kamu bisa baca artikel seputar marketing lainnya di sini atau kunjungi Instagram @digitalmarketingschool untuk dapatkan informasi seputar digital marketing!