fbpx
strategi email marketing

Strategi Email Marketing yang Efektif Datangkan Pelanggan Baru

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pelaku bisnis memanfaatkan Internet semaksimal mungkin untuk menjalankan strategi pemasaran. Bahkan, penggunaan media sosial saja terkadang belum mampu mendongkrak pemasaran. Maka dari itu, mereka perlu menggunakan platform lain guna mengefektifkan penjualan, salah satunya adalah email marketing.

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan email secara rutin kepada pelanggan. Tujuannya pun beragam; beberapa di antaranya adalah memberikan informasi terkini, edukasi, atau promosi. Namun, email yang dikirimkan pun tak bisa sembarangan; terdapat beberapa strategi email marketing yang perlu dilakukan agar email yang mereka kirim dapat mendongkrak penjualan. Simak selengkapnya di bawah!

  • Bedakan Penerima Berdasarkan Kelompok

Sebelum membuat script, email marketer perlu mengumpulkan kontak sebanyak mungkin dan mengelompokkannya ke dalam beberapa bagian. Pengelompokkannya pun beragam, bisa melalui usia, gender, profesi, dan lainnya. Hal ini dapat memudahkan email marketer dalam mengirimkan email yang relevan dengan target market. Dengan begitu, hasilnya akan lebih efektif dibandingkan mengirimkan satu email ke semua daftar pelanggan.

  • Buat Pesan Bersifat Personal

Strategi email marketing yang selanjutnya adalah membuat pelanggan merasa spesial dan personal. Maksud dari personal di sini adalah menyapa pelanggan dengan menyebutkan nama mereka di dalam email. Oleh karena itu, penting bagi email marketer untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan yang akan ditargetkan.

  • Tuliskan Gimmick pada Subject

Kalimat yang pertamakali penerima email baca adalah subject. Agar mereka tertarik untuk membuka email tersebut, buatlah subject se-powerfull mungkin, misalnya dengan menyebutkan gimmick pada subject email. Gimmick tersebut dapat berupa diskon, voucher gratis, atau hal spesial lainnya yang dapat menarik perhatian pelanggan. Strategi email marketing yang satu ini dapat meningkatkan open rate email.

  • Buat Kalimat Header yang Kuat

Setelah pelanggan membuka emailnya, kalimat yang akan mereka baca adalah header. Header terletak pada body email yang akan dikirimkan ke pelanggan. Jadi, buatlah kalimat header kata-kata yang singkat, to-the-point, dan tajam dengan ukuran font besar. Hal ini bertujuan agar pelanggan fokus membaca header tersebut dan tertarik untuk menyimak isi email sampai habis.

  • Gunakan CTA yang Efektif

Strategi email marketing yang terakhir adalah menggunakan Call-to-Action (CTA) yang kuat. CTA merupakan sebuah dorongan atau ajakan kepada pelanggan untuk mengambil tindakan, entah itu membeli, mengikuti akun media sosial, atau mengunjungi situs. Agar pelanggan mau mengikuti aksi yang diinginkan, buatlah CTA yang jelas menggunakan kata yang powerful.

Kelima poin tadi merupakan strategi email marketing yang dapat kamu coba agar proses pemasaran dapat berjalan secara efektif. Jika kamu ingin mempelajari strategi pemasaran lainnya, kamu dapat mengikuti kelas Digital Marketing dari Digital Marketing School! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami via media sosial atau klik di sini.