Strategi Social Media Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness
Social media marketing adalah salah satu jenis marketing yang banyak digunakan. Dalam proses marketingnya, jenis ini memanfaatkan peran media sosial. Dikenal lebih efisien daripada jenis marketing konvensional.
Selain lebih efisien, proses marketing di media sosial dinilai lebih menyenangkan. Ada banyak keuntungan yang didapat dari proses marketing ini, seperti meningkatkan brand awareness, mendapatkan feedback dan riset kompetitor.
Untuk meningkatkan brand awareness, ada beberapa strategi yang harus kamu lakukan dalam social media marketing. Simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.
Mempelajari Selera Audiens
Langkah pertama dalam social media marketing yang harus kamu lakukan melihat selera audiensmu dan mempelajarinya. Selera audiens ini dapat menjadi tolak ukur apakah produk yang kamu buat cocok atau nggak sama audiens.
Selain itu juga kamu bisa menentukan konten apa yang menarik bagi audiensmu dengan memetakan audiensmu. Semakin cocok konten yang kamu buat dengan selera audiens, maka engagement yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.
Menentukan Platform
Langkah kedua adalah tentukan platform mana yang akan kamu pakai untuk jual produkmu. Setiap platform memiliki fitur dan pasarnya sendiri, sehingga kamu perlu menentukan platform mana yang cocok dengan produk kamu. Strategi social media marketing ini akan berpengaruh juga dengan konten produk yang akan dibuat.
Menciptakan Konten Menarik
Langkah ketiga, menciptakan konten yang menarik perhatian audiens. Strategi social media marketing ini untuk menarik engagement yang tinggi. Dan dengan konten yang menarik juga akan membuat audiens tertarik dengan produk kamu.
Untuk menciptakan konten yang menarik, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Cari informasi mengenai konten seperti apa yang akan disukai oleh audiensmu, Contohnya jika audiensmu lebih menyukai konten edukasi, maka persentase konten edukasi dalam feedmu bisa lebih banyak dari konten lainnya.
Menjadwalkan Waktu Posting
Langkah keempat yang harus kamu lakukan dalam social media marketing adalah menjadwalkan kapan waktu untuk posting kontenmu. Kamu perlu mencari waktu terbaik untuk mempostingnya. Carilah waktu yang pas seperti kapan audiensmu aktif membuka social medianya.
Evaluasi
Langkah terakhir dalam social media marketing adalah evaluasi keberhasilan marketingmu. Media sosial akan memperlihatkan bagaimana keberhasilan marketingmu dengan memperlihatkan data-data. Data-data inilah yang kemudian bisa kamu jadikan patokan untuk belajar lebih baik dalam marketing selanjutnya,
5 langkah strategi social media marketing di atas dapat membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness. Jadi jangan lupa untuk praktikkan ya!
Nah kalau kamu tertarik dengan dunia social media, kamu bisa ikuti kelas social media di Digital Marketing School! Selain kamu akan dibimbing dengan mentor yang berpengalaman, kamu juga bebas bertanya apapun! Jadi, kamu tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu di sertifikasi Social Media lewat website atau sosial media kami.