Teknik copywriting

9 Strategi Copywriting untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Onlinemu

Mengapa copywriting itu penting? Mengabaikan teknik copywriting berarti membuang sia-sia 80% dari waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk bisnis online Anda. Menurut hasil survei, 8 dari 10 orang yang membaca judul hanya 2 orang saja yang melanjutkan membaca sampai selesai. Sudah dipastikan 8 dari 10 orang tersebut tidak akan membeli produk Anda. Tetapi jika Anda sudah menerapkan teknik copywriting yang benar, maka hasilnya pasti akan berbeda. Jadi, bagaimana teknik copywriting yang benar itu? Berikut kami tulis artikel teknik copywriting bisnis online untuk menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana teknik copywriting yang benar di bawah ini.

Konten storytelling

Anda perlu memahami bahwa memberikan cerita menarik kepada calon pembeli akan lebih mudah diterima daripada dengan berjualan secara langsung. Dengan menggunakan cerita, seseorang akan lebih mudah mengingat dan bisa membuat pembaca secara emosional terhubung dengan produk yang Anda tawarkan.

Hasil dari teknik copywriting dengan storytelling terbukti lebih efektif dan calon pembeli akan merasa lebih nyaman sehingga lebih mudah untuk di-follow up dan melakukan call to action pembelian produk.

Bicara kepada pembaca

Sebelum melakukan teknik copywriting ini Anda perlu riset terlebih dahulu tentang target market yang akan Anda bidik mulai dari gaya bahasa, umur, gender, tingkat pendidikan dan budaya. Setelah semuanya ketemu, Anda tinggal membuat copywriting produk sesuai dengan pikiran pembaca, buatlah copywriting seolah-olah Anda berbicara langsung kepada audiens. Ada 3 hal penting agar bisa nyambung dengan pembaca yaitu:

  1. Menyesuaikan dengan bahasa target audiens
  2. Menceritakan kisah yang relevan kepada pembaca
  3. Memberikan solusi kepada audiens

Dengan memperhatikan 3 hal tersebut sudah bisa dipastikan Anda bisa menguasai audiens.

Baca juga: Jurus Rahasia Meningkatkan Omzet Penjaualn Bisnis Online

Gunakan data dan statistik

Cara agar copywriting Anda dipercaya oleh calon pembeli adalah dengan menggunakan teknik copywriting ini yaitu, menyertakan data dan statistic yang jelas dari sumber terpercaya. Model copywriting seperti ini akan meningkatkan kepercayaan yang berdampak pada meningkatnya konversi penjualan.

Setting penempatan konten

Guna mendukung teknik copywriting yang berkesan, penempatan konten tidak boleh asal-asalan karena dengan mengatur penempatan konten akan menaikkan omzet bisnis Anda. Aturlah penempatan konten yang lebih baik mulai sekarang dengan beberapa acuan penempatan konten pada copywriting seperti berikut:

  • Membuat judul yang menarik perhatian
  • Menggunakan daftar bullet atau numbering
  • Memberikan keterangan yang lengkap
  • Memberikan link atau video yang relevan
  • Menambahkan gambar dengan resolusi baik
  • Sorot pada bagian yang penting
  • Gunakan button call to action

Berikan pertanyaan dengan jawaban

Buatlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban dari calon konsumen Anda. Dalam melakukan teknik copywriting ini, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh konsumen kemudian baru membuat list pertanyaan. Arahkan mereka dengan pertanyaan yang membuat mereka menjawab ‘Ya’. Jika semakin sering konsumen menjawab ‘Ya’ maka akan semakin besar peluang terjualnya produk Anda.

Berikan manfaat bukan fitur

Ingat bahwa konsumen yang tertarik kepada produk kita adalah karena manfaatnya. Pada teknik copywriting ini, jelaskan terlebih dahulu semua manfaat yang akan diperoleh, kemudian barulah Anda menjelaskan fitur-fitur yang akan didapatkan.

Tunjukkan testimonial pelanggan

Testimoni dari pelanggan harus Anda tampilkan untuk meyakinkan kepada calon konsumen. Kecenderungan pembeli adalah membeli ketika sudah ada yang lebih dulu membeli. Jadi pastikan setiap produk yang terjual disertakan dengan testimoni pembeli. Tujuannya sebagai salah satu pendukung teknik copywriting yang dipergunakan untuk bisnis online Anda. Dari hasil testimoni yang masuk juga bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi tentang kekurangan dari produk dan layanan yang Anda berikan kepada konsumen.

Persuasive call to action

Jika semua teknik copywriting bisnis di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka yang terakhir adalah melakukan call to action untuk mengajak calon pembeli Anda melakukan tindakan.

Nah demikianlah pembahasan mengenai teknik copywriting bisnis online, untuk Anda yang ingin meningkatkan omzet dalam bisnis online ini bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan Anda. Tetapi ada satu rahasia lagi untuk melengkapi teknik copywriting di atas. Mau tahu?

Workshop copywriting for social media

Training satu hari full time untuk menguasai dari mulai, mencari USP (Unique Selling Proposition) dari produk, mengidentifikasi audiens, menentukan sudut pandang penulisan, membuat media plan harian mingguan bulanan, mempelajari 30+ jenis posting Social Media, formula penulisan copywriting untuk sosial media.

Output yang akan Anda dapatkan dari workshop ini adalah, Anda mampu membuat strategi postingan organik social media, mampu menemukan niche market spesifik, Menemukan unique selling value, mengukur efektivitas kegiatan social media organik.

Mau omzet meningkat? Bergabunglah bersama kami di Digital Marketing School!

Hubungi kontak di bawah ini.

Phone : +62 814-6125-4844 (April)

e-mail : info@tuw.co.id

Address : Setra Duta Cemara IIID K6-33, Pasirkaliki, Bandung.

Post a Comment