Terapkan Marketing Mix 4P untuk Bidik Konsumen secara Efektif

Tujuan berjalannya bisnis bukan untuk mencari keuntungan semata, tapi untuk memberikan solusi terbaik bagi konsumen dan menjadikan mereka loyal. Sayangnya, mendapatkan konsumen dengan target market yang spesifik dan membuat pelanggan setia bukanlah hal mudah; dibutuhkan strategi yang terencana dan matang agar konsumen dapat benar-benar tertarget. Strategi marketing yang efektif untuk digunakan adalah Marketing Mix 4P. Yuk pelajari satu per satu!

Product

Strategi marketing mix 4P yang pertama adalah produk. Produk yang baik adalah barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumennya dan menjadi solusi terbaik bagi mereka. Maka sebelum memulai berjualan, pebisnis perlu mengetahui tujuan dari dibuatnya suatu produk, keunggulan, keunikan, dan manfaatnya bagi konsumen. Dengan begitu, barang yang mereka produksi akan memiliki value dan mampu bersaing di pasar.

Price

Setelah menentukan produk, langkah selanjutnya adalah menetapkan harga jual. Pastikan harga yang ditetapkan setara dengan manfaat yang akan diterima. Selain itu, sesuaikan pula harga dengan budget target marketnya; jangan sampai calon konsumen enggan membeli produk dengan alasan harganya terlalu mahal atau murah.

Place

Tempat menjadi salah satu unsur marketing mix 4P yang harus pebisnis pertimbangkan. Hal ini karena semakin strategis tempat yang dipilih, semakin mudah juga usaha mereka dijangkau konsumen. Selain itu, pebisnis juga perlu menyesuaikan tempat berjualan dengan konsumen yang mereka bidik. Sebagai contoh, seorang pebisnis ingin menjual es jeruk dengan target market anak muda. Maka, tempat berjualan yang tepat adalah dekat sekolah atau kampus.

Promotion

Unsur yang paling krusial adalah cara promosi. Pendekatan yang dilakukan kepada target market usia muda dan orang dewasa tentu berbeda. Oleh karenanya, pebisnis harus mampu menyesuaikan cara dan media promosi dengan target market agar produk dapat dijangkau dengan mudah. Misalnya, seorang pengusaha sepatu anak ingin menawarkan produknya kepada ibu-ibu muda. Media terbaik untuk mempromosikan produknya adalah social media, seperti Facebook atau Shopee Video karena kedua platform tersebut didominasi oleh kalangan ibu muda.

Itu dia unsur marketing mix 4P yang dapat kamu terapkan untuk mempromosikan produk berdasarkan target market. Semoga ilmu ini bermanfaat untuk membidik konsumenmu ya.

Baca artikel seputar marketing lainnya di sini atau kunjungi Instagram kami untuk dapatkan informasi ter-update seputar digital marketing!