tips bikin resume

Mau Lamar Jadi Digital Marketing? Ini 5 Tips Bikin Resume Biar Makin Ciamik

Tertarik menjadi seorang digital marketer? Nah, salah satu langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah bikin resume yang ciamik! Resume merupakan alat penting untuk menggambarkan dirimu kepada rekruter dan memperlihatkan keahlianmu di bidang digital marketing. Nah, berikut ini ada beberapa tips bikin resume yang bisa bikin kamu semakin ciamik!

Perhatikan Format dan Desain

Walaupun kamu ingin menunjukkan kreativitasmu, tetaplah perhatikan format dan desain resume. Pastikan resume terlihat profesional, rapi, dan mudah dibaca. Gunakan font yang jelas dan hindari menggunakan terlalu banyak warna atau desain yang terlalu rumit. Simpel, tapi tetap menarik!

Tampilkan Keahlian yang Relevan

Sebagai seorang fresh graduate, mungkin kamu belum memiliki pengalaman kerja yang banyak di bidang digital marketing. Namun, jangan khawatir! Fokuslah pada keahlian yang relevan, seperti pengetahuan tentang strategi pemasaran digital, penggunaan alat analitik, atau keterampilan menulis konten. Jelaskan dengan singkat dan padat mengenai keahlianmu, dan bagaimana kamu dapat menerapkannya dalam pekerjaan.

Ceritakan Pengalamanmu

Meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja formal, kamu masih bisa mencantumkan pengalaman atau project yang pernah kamu jalankan selama kuliah atau magang. Misalnya, jika kamu pernah membuat campaign media sosial untuk organisasi kampus atau mengelola blog pribadi, ceritakan pengalaman tersebut dan jelaskan hasil yang kamu capai. Ini menunjukkan kemampuanmu dalam mengelola project.

Jelaskan Hasil yang Dicapai

Tips bikin resume selanjutnya adalah menyertakan hasil yang telah kamu capai. Misalnya, jika kamu pernah mengoptimalkan campaign digital marketing dan berhasil meningkatkan jumlah pengunjung atau konversi, ceritakan hal itu dengan jelas dan kuatkan dengan angka atau persentase yang menggambarkan keberhasilanmu.

Sertakan Portofolio

Bagian yang tak boleh ketinggalan pada tips bikin resume adalah menyertakan portofolio. Jika kamu memiliki portofolio atau bukti yang relevan dengan bidang digital marketing, sertakan di dalam resumemu. Misalnya, kamu bisa mencantumkan link ke blog yang kamu kelola, memasukkan campaign sosial media yang pernah kamu buat, atau artikel yang kamu tulis. Ini membantu calon pemberi kerja untuk melihat langsung hasil kerjamu.

Jangan lupa untuk menyesuaikan resume dengan setiap pekerjaan yang kamu lamar dan fokus pada keahlian dan pengalaman yang relevan. Dengan resume yang kuat, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan panggilan wawancara dan memulai karier di dunia digital marketing. Semangat ya!

Nah, buat kamu yang merasa belum memiliki ilmu dan skill yang cukup di bidang digital marketing, kamu bisa ikut kelas Digital Marketing dari Digital Marketing School lho! Tenang, mentor kami akan bimbing kamu dari 0 sampai benar-benar paham dan bisa. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan klik di sini atau DM admin kami via Instagram.