Buat Content Pillar

Tips Buat Content Pillar agar Konten Instagram Lebih Variatif

Buat Content Pillar

Kunci dalam menarik perhatian followers di Instagram adalah konten kreatif dan bervariasi. Menciptakan konten yang kreatif dan beragam ini adalah sebuah tantangan tersendiri untuk social media specialist. Tidak jarang seorang social media specialist merasakan kehabisan ide atau tidak tahu harus memulai dari mana untuk menciptakannya.

Tapi kamu tidak perlu cemas, karena ada beberapa tips yang bisa membantu kamu buat content pillar yang kuat sehingga kamu bisa menghasilkan konten Instagram yang lebih beragam dan menarik.

Tentukan Head Term

Sebelum buat content pillar Instagram yang bervariasi, kamu harus menentukan terlebih dahulu “head term” atau titik fokus utama yang ingin kamu tuju. Head term adalah topik besar yang menjadi dasar dari semua konten yang kamu buat. Membuat head term ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bisnismu dan audiens yang jadi target marketmu.

Kamu bisa memulainya dari mengenali tujuan konten yang kamu buat, kemudian identifikasi target audiensmu. Setelah itu riset keyword yang banyak dicari audiensmu dan pertimbangkan relevansi head termu dengan bisnis milikku. Carilah head term yang mencerminkan keunikan produkmu.

Cari Core Topic

Mencari core topic adalah langkah penting dalam buat content pillar setelah head term. Core topic adalah topik-topik yang menjadi pilar utama dari kontenmu. Core topic ini akan menjadi landasan untuk mengembangkan konten yang lebih spesifik dan bervariasi.

Untuk mencari core topic, kamu bisa menggunakan bantuan tools seperti Ubersuggest dan Google Keyword Planner untuk mencari dan menganalisis keyword. Kamu juga bisa melihat konten kompetitor yang memiliki interaksi atau engagement banyak dari audiens. Cara lainnya, kamu bisa memberikan pertanyaan langsung ke audiens tentang apa yang ingin mereka ketahui.

Susun Sub Topic

Langkah terakhir untuk buat content pillar adalah menyusun “sub topic” atau ide-ide kreatif yang lebih spesifik untuk setiap core topic. Sub topic adalah konten-konten yang lebih mendalam dan lebih detail yang akan kamu buat. Dengan memiliki sub topic yang beragam, kamu bisa menciptakan konten Instagram yang menarik dan relevan untuk berbagai jenis audiens.

Untuk menyusun sub topic, kamu perlu mengidentifikasi aspek utama atau topik besar yang terkait dengan topik tersebut. Kemudian buat struktur hierarki dengan menempatkan aspek utama di atas dan sub topic di bawah. Pastikan sub topic yang kamu pilih relevan dengan apa yang dicari dan diinginkan audiens.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa buat content pillar yang kuat untuk akun Instagram-mu. Menentukan head term, mencari core topic, dan menyusun sub topic akan membantu kamu menciptakan konten yang lebih bervariasi, kreatif, dan menarik bagi followers kamu.

Kalau kamu masih membutuhkan tips lainnya seputar perkontenan, kamu bisa lihat artikel lainnya di sini. Tapi kalau kamu ingin menambah wawasan yang lebih dalam seputar konten, kamu bisa ikuti kelas Social Media Specialist di Digital Marketing School. Untuk info kelas dan pendaftaran, silakan DM admin di Instagram atau klik di sini.