Tips Tentukan Buyer Persona agar Penjualan Lebih Tertarget
Saat kamu memulai bisnis dan menjual produk, pasti akan muncul pertanyaan ‘siapa audiens yang akan ditawarkan?’ atau ‘kepada siapa produk ini akan dijual?’. Calon konsumen yang kamu tuju itulah yang dinamakan buyer persona. Dalam hal ini, kamu perlu membuat deskripsi lengkap berisi representasi pembeli yang nantinya akan beli produk kamu. Buyer persona umumnya meliputi data demografis, geografis, dan psikografis target market. Bagaimana cara menentukan buyer persona? Simak artikel ini sampai habis.
Analisis Target Market
Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam meriset buyer persona adalah melakukan riset audiens. Untuk mengetahui audiens, kamu dapat memanfaatkan fitur insight pada platform media sosial yang kamu pakai, seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok. Fitur tersebut akan menampilkan gender, usia, lokasi, dan jam aktif audiens. Kamu juga bisa melihat postingan mana saja yang mendapatkan engagement paling tinggi, sehingga akan memudahkanmu menentukan format dan jenis konten yang tepat sesuai dengan target audiens.
Kenali Masalah Pembeli
Setelah menganalisis target market, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi masalah calon pembeli. Gunakan strategi social media listening untuk berinteraksi dengan orang yang pernah membeli produkmu. Selain itu, kamu juga dapat merespon keluhan atau pesan yang pernah pembeli sampaikan, misalnya harga yang terlalu mahal, keterbatasan varian produk, atau lokasi yang kurang strategis. Setelah mengetahui jawabannya, jadikan produk atau jasamu sebagai solusi dari masalah mereka.
Tawarkan Solusi
Jika masalah sudah ditemukan, mulai buat solusi yang dapat mengatasi masalah mereka atau memenuhi minat mereka. Jelaskan kelebihan produk serta manfaat yang akan mereka rasakan setelah memakai produkmu. Pastikan pula apakah solusi yang kamu tawarkan benar-benar cocok dengan target marketmu atau malah menurunkan minat beli mereka.
Itulah tiga tips menentukan buyer persona yang untuk menargetkan calon pembeli. Intinya, kenali karakteristik audiens secara mendalam dan bagi audiens ke dalam beberapa kelompok khusus agar kamu dapat mengenali keunikan mereka.
Ingin belajar lebih lanjut tentang buyer persona? Buyer persona jadi salah satu materi yang dibahas di program digital marketing dari Digital Marketing School lho. Yuk perdalam skillmu supaya jadi digital marketer andal! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi admin via DM Instagram atau klik di sini.