Ubah Traffic Menjadi Customer dengan Formula Copywriting Ini

Bisnis yang kuat memiliki copywriting yang tepat. Copywriting menjadi kunci utama bagi kamu dapat menarik audiens melalui kata-kata. Saat mengiklankan produk di sosial media, tanpa copywriting produk bisnis kamu akan menjadi biasa saja. Lalu apa kunci copywriting untuk bisa menandatangkan audiens? Jawabannya adalah formula AIDAAIDA adalah prinsip copywriting yang bisa kamu jadikan pedoman untuk mempromosikan produk. Prinsip ini bisa memandu konsumen kamu melakukan tiga hal I see, I buy, I have.  Penasaran kan? Jadi, apa sih prinsip AIDA dalam formula copywriting itu? Yuk, simak penjelasannya sampai selesai! 

Formula AIDA sendiri singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action

  1. Attention: Cara untuk menarik perhatian para calon konsumen. Ini hal pertama kali yang perlu dilakukan. Cukup waktu 8-12 detik saja untuk menarik perhatian para calon konsumen. 
  2. Interest: Membahas permasalahan dari calon konsumen untuk menarik minat mereka. Membuat bagaimana calon konsumen tertarik dengan produk yang dijual. 
  3. Desire: Menawarkan produk anda sebagai solusi bagi para calon konsumen yang memerlukan. 
  4. Action: Mengajak calon konsumen untuk segera membelikan produk yang di jual

Secara garis besar AIDA adalah formula untuk menjalin hubungan antara penjual dengan calon konsumen. Lalu bagaimana formula ini efektif sebagai strategi pemasaran? Jangan stop baca disini simak penjelasan berikutnya!

Efektifitas formula AIDA sebagai strategi marketing

Pertama, yang harus dilakukan adalah menarik perhatian calon konsumen. Bagaimana caranya? Sangat mudah sekali kamu hanya perlu membuat konten yang bisa mengundang perhatian. Namun sebelumnya kamu harus tahu dahulu siapa target marketing kamu. Jadi produk kamu tidak akan salah sasaran. Dengan kamu berhasil mengetahui target pasar dan minat dari para calon konsumen, pasti kamu akan tahu bagaima cara menarik perhatiannya.

Kedua, setelah kamu berhasil menarik perhatian calon konsumen, selanjutnya hal yang harus kamu lakukan adalah menarik minat. Memang benar bahwa minat setiap orang berbeda satu sama lain. Maka dari itu, kamu perlu tahun apa permasalahan yang calon konsumen kamu keluhkan. Kamu harus pintar mengidentifikasi masalah yang calon konsumen keluhkan, yang selanjutnya kamu jadikan itu sebagai konten yang menawarkan solusi. Dengan mengidentifikasi permasalahan, maka kamu sudah paham apa yang diperlukan oleh calon konsumen. 

Ketiga, jika kamu sudah berhasil menarik perhatian dan membuat calon konsumen tertarik dengan apa yang ditawarkan dari produkmu, tawarkan dan jual produkmu kepada calon konsumen. Namun untuk melalukan ini perlu bertahap jangan sampai motif dan tujuan kamu untuk menawarkan produk ini disalah artikan dan mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli. 

Terakhir, ketiga hal tersebut belum berhasil jika kamu tidak mengarahkan calon konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Dari calon konsumen yang sudah tertarik dari ketiga tahap tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian dengan memanfaatkan call to action. Contohnya seperti kalimat ajakan dan taruhlah link atau kontak yang bisa calon konsumen hubungi jika mereka tertarik dan akan membeli produkmu. 

Jika semua formula copywriting sudah kamu terapkan, yang perlu kamu lakukan selanjutnya yaitu sabar. Tidak semua calon konsumenmu akan tertarik atau membeli produkmu saat itu juga. Untuk mengsiasatinya kamu bisa menambahkan fitur promo diluar yang telah disebutkan. Dengan gunakan fitur promo calon konsumen akan jauh lebih tertarik untuk membeli produkmu. 

Setelah kamu paham formula AIDA sekarang kamu sudah bisa membuat copywriting yang bisa digunakan saat mengiklankan produk yang kamu jual.  

Tertarik untuk mempelajari copywriting lebih dalam? Daftarkan segera DISINI

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment