Untuk Pebisnis Online Marketing, Sudah Tau Algoritma Terbaru Facebook?

Selain fitur-fitur baru di Facebook Ads bermunculan, sejak awal 2018, Facebook juga ternyata sudah melakukan beberapa perubahan algoritma besar-besaran. Bahkan sepertinya sudah banyak di antara pengguna Facebook yang merasakan perubahannya.

Berikut beberapa hal yang algoritmanya sudah diperbaharui oleh Facebook:

1. Facebook Utamakan Postingan yang Relevan dengan Anda

Facebook sudah membaca dan mempelajari “interest” bahkan “behavior” Anda. Jadi kini postingan yang dipilih Facebook untuk dapat tampil di newsfeed Anda adalah yang benar-benar relevan dengan Anda.

Baca juga: Manfaat Sosial Media untuk Keberhasilam Bisnis Anda

Keuntungan bagi pebisnis yang menggunakan platform Facebook sebagai strategi marketing adalah Anda bisa semakin “engaged” dengan follower atau konsumen Anda, selama postingan Anda tidak melenceng dari topik yang diminati oleh target market.

2. Facebook Mengurangi Postingan dari Fanpage

Facebook lebih mengutamakan platformnya sebagai media bersosialisasi dengan teman. Sehingga postingan dari fanpage / brand / bisnis akan menurun drastis. Ternyata Facebook tidak mau platform sosial medianya hanya untuk ajang berjualan terus. Facebook ingin mengembalikan fungsinya sebagai media untuk bersosialisasi dengan teman di dunia maya.

Pelajari tips and trick beriklan di Facebook Ads tanpa harus membuang budget besar.

Jadi Anda yang sedang bergelut di dunia digital marketing jangan kaget, jika organik reach-nya menurun drastis. Jika sudah seperti itu, siasatilah dengan membuat konten-konten yang covert selling, storytelling, atau mengajak follower fanpage Anda untuk berdiskusi satu sama lain mengenai sebuah topik.

3. Facebook Akan Menjadi Media Layaknya TV

Kini Facebook mengedepankan konten video menarik untuk tampil dan mudah di-share. Karena kedepannya Facebook ingin membuat sosmednya menjadi platform sosial media yang nyaman untuk dikunjungi berjam-jam. Oleh karena itu, konten video yang menarik sangat mudah untuk menjadi viral. Jika Anda punya fanpage, cara tersebut bisa dijadikan siasat untuk membuat bisnis Anda terkenal.

Baca juga: 6 Kiat Desain yang Baik untuk Iklan di Facebook

4. Facebook Tidak Akan Memberikan Banyak “Reach” untuk Engagement Bait Campaign

Maksudnya yatu Facebook tidak akan memberikan lagi reach yang banyak untuk iklan yang memancing interaksi konsumennya.

Contohnya:

“Bonus jam tangan couple untuk yang pesan di komentar.”

“Diskon 70% hanya dengan komen MAU di bawah.”

“Gratis Iphone 5 bagi yang share iklan ini.”

Pelajari cara membuat copywriting yang powerful untuk iklan Anda.

Nah, sekarang iklan yang mengandung copywriting seperti contoh di atas, akan dipersulit mendapatkan reach tinggi oleh Facebook. Sebaiknya gunakanlah copywriting iklan Anda dengan sesuatu yang menggugah minat konsumen Anda terhadap produk yang ditawarkan, atau dengan sesuatu yang dapat menimbulkan diskusi dengan pembaca iklan, jika Anda ingin mendapatkan data sebanyak-banyaknya dari interaksi iklan.

Post a Comment