2 Day’s Mentoring | 8-9 Oktober 2020

Mengapa Workshop ini Penting ?

Firstline Manager dituntut untuk mampu menjadi “jembatan”, perantara dan sekaligus penyeimbang antara atasan dengan bawahan. Tapi masalahnya menapaki jalan seorang supervisor tidaklah selalu mulus dan bahkan kerap terjadi gesekan antar bawahan.

Apakah Anda juga menghadapi permasalahan yang kurang lebih sama seperti di atas?

Jika YA, itu berarti Anda tidak sendirian. Anda Bersama-sama dengan banyak supervisor yang menghadapi masalah utama yang biasanya menyangkut kepemimpinan yang tidak memadai, ketrampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang rendah, sikap mental yang negatif, termasuk ketidakmampuan menangani kesalahan dan memotivasi tim.

Workshop 2 Hari ini akan membantu Anda menjadi Firstline Manager yang Efektif dan mampu membantu atasan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahan.

Sasaran Pembelajaran

  1. Meningkatkan produktivitas kerja tim melalui manajemen waktu
  2. Membagi tugas & mengatur tanggung jawab tim
  3. Membangun koordinasi secara harmonis dengan bidang lain
  4. Mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan
  5. Mengelola penyimpangan dan menangani kesalahan tim
  6. Memotivasi dan mengapresiasi kinerja.

PROGRAM SYLLABUS

Supervisor Role

Apa yang membedakan peran seorang Firstline Manager dibandingkan staff, kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi supervisor yang efektif di era digital, dan seberapa penting perannya dalam mewujudkan sasaran organisasi akan menjadi bahasan penting dalam sesi ini.

Time Management

Peningkatan produktivitas menjadi isu penting di era digital. Seringkali anggota tim tidak menyadari pentingnya mengelola waktu, bahkan seringkali waktu mereka menjadi bocor selama bekerja. Untuk itu, di sesi ini Firstline Manager akan dibekali dengan 5 senjata manajemen waktu yang akan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja bawahan

Team Assignment

Firstline Manager juga dituntut untuk mampu membagi tugas dan mengatur tanggung jawab bawahan, jangan sampai mereka terjebak mengerjakan sendiri tugasnya karena bawahan seringkali tidak mampu atau malas. Bagaimana cara mendistribusikan dan mendelegasikan pekerjaan dengan baik sehingga menumbuhkan akuntabilitas bawahan merupakan skill yang perlu dimiliki oleh seorang Firstline Manager

Understanding Personality Team

Bekerja dengan bawahan yang memiliki karakter berbeda-beda seringkali menimbulkan masalah dalam pekerjaan. Untuk itu, mereka perlu mampu mengidentifikasi karakter setiap anak buahnya agar mampu mengkomunikasikan secara efektif target-target pekerjaan.

Building Positive Relationship with Team Member

Bagaimana menjadi Firstline Manager yang friendly, kredibel dan dipercaya anak buah penting untuk dibangun. Bawahan akan semakin respek jika mereka percaya akan kapasitas dan kapabilitas seorang Firstline Manager. Sesi ini akan membantu meningkatkan skill bagaimana menjadi Firstline Manager yang kredibel dan dipercaya.

Problem Solving & Decision Making

Supervisor seringkali dihadapkan pada masalah disiplin, produktivitas dan kualitas kerja yang rendah dari bawahan. Celakanya, mereka cenderung reaktif hanya fokus pada masalah sehingga kejadian yang sama akan berulang. Oleh karena itu di sesi ini mereka akan dibekali dengan 3 Tools penting pemecahan masalah sehingga mereka bisa dengan jelas tahu apa sebenarnya yang menjadi akar masalah. Dan akhirnya mereka mampu mengambil keputusan dengan baik.

Handling Mistakes

Kesalahan kerja adalah sesuatu yang wajar. Yang menjadi persoalan ketika seorang Firstline Manager tidak mampu membedakan mana kesalahan ringan dan mana kesalahan yang bisa menganggu produktivitas. Menetapkan kontrol limit, memperjelas tindakan apa yang perlu dilakukan jika kesalahan masih berada di dalam kontrol limit dan jika sudah di luar kontrol limit merupakan skill penting yang perlu dimiliki oleh Firstline Manager. Kemampuan menangani kesalahan secara produktif akan dilatihkan di sesi ini.

Motivating Team Member

Ketrampilan memotivasi bawahan adalah skill penting yang perlu dimiliki Firstline Manager. Baik pada saat bawahan bekerja dibawah sasaran kinerja maupun yang sudah sesuai atau melebihi sasaran kinerja. Kemampuan mengapresiasi merupakan salah satunya. Sayangnya banyak dari mereka lebih sering secara otomatis mengeluhkan bawahan ketimbang melihat kekuatannya. Melalui sesi ini mereka akan belajar bagaimana teknik mengapresiasi secara efektif dapat meningkatkan produktivitas kerja.

TESTIMONIAL ALUMNI

OUR MENTOR

Dr. Tri Utomo Wiganarto, MBA, MNLP

  • Doktor Manajemen Bisnis, Human Capital Specialist from Padjajaran University
  • Post Graduate Lecturer at MBA ITB and MM UNPAD
  • Executive Leadership Consultant Performance Management and Business Coach
  • Certified Leadership Training for Result from Dale Carnegie
  • Certified Fundamental Leadership from Dale Carnegie
  • Certified Leadership Program from Asia Works International
  • Certified Ontological Coach from Newfield Singapore
  • International Certified Master NLPBehavioral Analyst from NFNLP Florida-USA
  • International Certified Neuro Semantic NLPMeta Coach Credential (P)from Michael Hall, USA
  • CEO Kobe Global Corporation, Medical Equipment Exporter & Rubber Technology
  • Founder of TUW Consultant, Practical Business Solution Coach

UMKM, UNIVERSITAS, BUMN
YANG PERNAH BERGABUNG

FREQUENTLY
ASKED QUESTION

Seputar pertanyaan yang sering diajukan kepada kami

Bagaimana Metode Belajarnya

Melalui Class via Zoom metode interactive, Group Discussion, Mentoring

Mengapa Workshop Collaborative Supervisor?

Karena keberhasilan tugas harian tim di lapangan di tentukan oleh supervisi sang Firstline Manager yang pada akhirnya sangat menentukan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Mengapa program training ini penting?

Program ini bertujuan untuk membantu Anda menjadi Firstline Manager yang efektif, dan menjadi “jembatan” penyeimbang antara manajer dan tim sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan.

Apakah program ini menjamin peserta menjadi Collaborative Supervisor?

Program ini telah diikuti oleh banyak korporasi baik BUMN maupun swasta, dan telah mendapatkan feedback positif dari peserta setelah mengikuti program ini. Jika mereka bisa, pasti Anda juga bisa!

Program dilaksanakan tanggal
8-9 Oktober 2020

Early Bird Berakhir Pada

Harga Normal

IDR 3.900.000

Early Bird

IDR 2.750.000

Bonus Tambahan :

  • Materi Presentasi
  • Lembar Kegiatan (Skill Set Sheet)
  • Free Update Materi
  • Grup Mentoring