3 Masalah SEO yang Bikin Ranking Website Sulit Meningkat

Ranking websitemu di Google sulit meningkat? Padahal sudah menerapkan berbagai tips SEO? Hati-hati! Bisa jadi karena ada masalah SEO yang nggak terdeteksi atau ada teknik yang belum Kamu praktikkan lho.

Memahami dasar-dasar optimasi di mesin pencarian saja nggak cukup. Kamu perlu paham apa saja masalah SEO yang sering di temukan agar tahu bagaimana solusi mengatasainya. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya.

Meta Title dan Description Terlalu Panjang

Masalah SEO yang sering ditemukan yang pertama adalah meta tittle dan description yang terlalu panjang, Meta tittle dan description adalah tempat penting untuk meletakkan kata kunci sasaran Kamu. Keduanya juga digunakan untuk menarik perhatian pengguna search engine. Tapi, terkadang optimasinya terlupakan.

Meta tittle sebaiknya kurang dari 60 karakter dan panjang meta description sebaiknya di bawah 160 karakter. Jika lebih dari angka tersebut, tittle dan description akan dipotong oleh Google dan optimasi yang Kamu lakukan menjadi sia-sia.

Membiarkan Gambar Tanpa Alt Text

Masalah SEO yang kedua adalah membiarkan gambar tanpa Alt Text. Padahal alt text membantu Google untuk memahami gambar yang ada di halaman-halaman web. Terus juga, alt text bisa membantu gambar Kamu muncul di hasil pencarian gambar Google.

Mungkin karena terlihat remeh, nggak sedikit orang yang mengunggah gambar tanpa alt text. Ini merupakan kesalahan karena Kamu menyia-nyiakan kesempatan optimasi.

Jumlah Kata Di Halaman Web Terlalu Banyak

Masalah SEO yang terakhir adalah jumlah kata yang terlalu banyak. Apa Kamu tahu cloaking? Cloaking itu tindakan menampilkan konten yang berbeda antara Google dan pengunjung web. Contohnya: halaman web hanya menampilkan beberapa ratus kata untuk pengunjung, tapi jumlah kata yang dibaca bot Google mencapai ribuan.

Kasus seperti itu bisa nggak Kamu sadari karena ada kode JavaScript yang terlalu banyak di halaman. Walaupun nggak terlihat di browser, bot Google tetap menganggapnya sebagai bagian dari isi halaman tersebut. Untuk mencegah masalah SEO tersebut, Kamu harus cek jumlah kata halaman-halaman web Kamu.

Masalah-masalah SEO di atas bisa Kamu hindari dengan memperhatikan setiap point masalahnya. Semoga artikel ini bisa membantu Kamu dalam menghindari masalah SEO ya! 

Kalau Kamu mau tahu lebih dalam soal SEO, kamu bisa mengikuti program Digital Marketing dari Digital Marketing School! Untuk informasi lebih lanjut tentang sertifikasi Digital Marketing, silakan kunjungi website atau social media Kami ya.

Post a Comment